gempa bumu kebumen

Gempa Bumi “Lokal” Guncang Kebumen

Jan 01 1970
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Gempa Bumi "Lokal" Guncang Kebumen

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, pada Rabu 26 April 2017 yang bertepatan dengan Peringatan Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) di gelar Simulasi Bencana Gempa Bumi di Gedung Sekretariat DPRD Kabupaten Kebumen sekitar pukul 10.00 WIB.

Selain di Sekretariat DPRD kegiatan ini juga dilakukan serentak di seluruh Badan/Dinas/Kantor, Sekolah, dan bahkan sampai ke Balai Desa di lingkungan Kabupaten Kebumen sesuai dengan surat edaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai antisipasi datangnya bencana alam yang bisa saja datang secara tiba-tiba.

Pada saat simulasi ini telah terjadi bencana, seluruh karyawan/karyawati sedang bekerja di dalam ruangan masing-masing. Bersaamaan juga sedang berlangsung acara rapat koordinasi Operator dan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen. Kemudian sirine fire alarm berbunyi tanda bencana, sontak semuanya berlarian menuju jalur evakuasi ke titik kumpul. Seluruh karyawan/karyawati Sekretariat DPRD sekitar 30 orang yang berada di kantor dan peserta rapat di ruang Paripurna sekitar 170 orang di evakuasi keluar ke titik kumpul yang berada persis di halaman depan Sekretariat DPRD.

Diharapkan dengan adanya simulasi ini karyawan/karyawati Sekretariat DPRD Kabupaten Kebumen sudah bisa untuk mengatur keadaan masing-masing dalam upaya penyelamatan diri.
“Dalam beberapa bulan terakhir ini sering terjadi bencana alam, terutama di daerah Kebumen. Kami berupaya untuk siap-siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana dengan adanya simulasi ini,” ujar Drs Romelan MMPd Kabag Umum Setwan Kebumen.

Selain itu, pimpinan kantor/instansi diharapkan juga mengetahui apa yang harus di lakukan untuk menghindari jatuhnya korban jika bencana datang.

Related Posts
DPRD KEBUMEN