Kunjungan Edukasi : SD Negeri 3 Kalitengah Gombong

(0) Comments

Selasa (31/10) pagi gedung DPRD Kabupaten Kebumen dikunjungi anak-anak SD Negeri 3 Kalitengah Gombong sebanyak 40 orang dalam rangka wisata edukasi tentang lembaga pemerintahan di Kabupaten Kebumen.

Kedatangan anak-anak disambut ramah oleh pihak Sekretariat DPRD Kabupaten Kebumen. Langsung diarahkan menuju ruang pleno, siswa-siswi disuguhkan dengan tayangan selayang pandang DPRD Kabupaten Kebumen.

Usai menyaksikan tayangan selayang pandang, Sri Suryani Kepala Sekolah SD Negeri 3 Kalitengah Gombong mengucapkan terima kasih atas penerimaan kunjungan edukasi kepada pihak Sekretariat DPRD Kebumen. “Kunjungan edukasi ini dilakukan supaya anak-anak mendapat pelajaran politik yang nyata di kantor wakil rakyat serta mendapat pendidikan politik dini”. Tuturnya

Humas setwan melalui Isriyati, S.I.Kom memaparkan materi tentang kelembagaan DPRD. untuk menumbuhkan antusiasme siswa-siswi dibuka sesi diskusi dan tanya jawab dengan imbalan hadiah kepada siswa-siswi yang berani bertanya maupun menjawab pertanyaan.

Tidak menyianyiakan kesempatan, Andreas siswa kelas 4 SD Negeri 3 Kalitengah Gombong menanyakan apa saja tugas DPRD, kemudian disusul pertanyaan dari Putri siswi kelas 5 menanyakan bagaimana proses penyusunan Perda.

Langsung menjawab pertanyaan Isriyati, S.I.Kom menjelaskan “tugas DPRD yang pertama adalah controlling atau pengawasan, budgeting atau penganggaran, dan legislasi, untuk penyusunan perda tahap awal yang diperlukan adalah pembuatan draft raperda yang disusun oleh eksekutif yang kemudian akan dikaji oleh DPRD melalui Panitia Khusus (Pansus) serta melalui serangkaian tahapan hingga akhirnya disahkan menjadi Perda”.

Acara berlangsung kondusif, usai sesi diskusi dan tanya jawab pembagian hadiah pun dilakukan. Kabag Humas Setwan melalui Kasubag Pusdok Dra Rusta Nurhayati menyampaikan permohonan maaf untuk penerimaan kunjungan edukasi kali ini tidak dapat menghadirkan perwakilan dari DPRD dikarenakan anggota sedang melaksanakan kegiatan reses pada dapil masing-masing.

 

 

 

DPRD KEBUMEN