Reses Masa Sidang I Tahun 2018

(0) Comments

Akhir Bulan Februari 2018 tanggal 23, 26, 27, dan 28 seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kebumen sebanyak 50 anggota melakukan kegiatan reses. Masa reses adalah masa para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dikenal dengan kunjungan kerja.

Di Kebumen, untuk wilayah Dapil Terbagi menjadi 7 wilayah. Dapil I meliputi Kecamatan Kebumen dan Kecamatan Buluspesantren. Dapil II meliputi Kecamatan Alian, Karangsambung, Kutowinangun, Poncowarno, dan Kecamatan Sadang. Dapil III meliputi Kecamatan Ambal, Bonorowo, Mirit, Padureso, dan Kecamatan Prembun. Dapil IV meliputi Kecamatan Klirong, Pejagoan, dan Kecamatan Petanahan. Dapil V meliputi Kecamatan Adimulyo, Kuwarasan, Puring, dan Kecamatan Sruweng. Dapil VI meliputi Kecamatan Gombong, Karanganyar, Karanggayam, dan Kecamatan Sempor. Terakhir Dapil VII meliputi Kecamatan Ayah, Buayan, dan Kecamatan Rowokele.

Kegiatan Reses Pimpinan dan Anggota DPRD dengan difasilitasi oleh Sekretariat DPRD berdasarkan Surat Edaran Mendagri Nomor 188.31/7809/SJ Tahun 2017. Biaya kegiatan reses didukung pada belanja penunjang kegiatan pada Sekretariat DPRD. Dana yang tersedia pada penunjang kegiatan reses pada prinsipnya adalah untuk dipertanggungjawabkan, bukan hanya untuk dilaksanakan apalagi untuk dihabiskan. Setiap rupiah yang dikeluarkan harus dapat dipertanggungjawabkan yang didukung dengan bukti-bukti pengeluaran yang lengkap dan sah.

Peserta reses bisa terdiri dari seluruh elemen masyarakat antara lain, Camat, TNI/Polri, Pimpinan Puskesmas, Dinas Jawatan, Lurah/ Kades/ Perangkat Desa dan Kepala Dusun, Kelompok Masyarakat, Organisasi Politik, Tokoh Masyarakat/ Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, LSM, Ormas, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), dan Majelis Taq’lim.

Anggota DPRD secara perorangan atau kelompok wajib membuat laporan tertulis atas hasil pelaksanaan tugasnya pada masa reses sebagaimana ketentuan Pasal 64 ayat (6) PP No 16 Tahun 2010, kemudian disampaikan kepada pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna.

Pentingnya pelaksanaan reses yang merupakan kewajiban bagi pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu konstituen pada Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing guna meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta guna mewujudkan peran DPRD dalam mengembangkan check and balances antara DPRD dan pemerintah daerah.

Dasar Pelaksanaan Reses antara lain adalah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib; Peraturan Pemerintah No 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; Peraturan DPRD Kabupaten Kebumen Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Kebumen; Keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Kebumen Nomor 170/1 Tanggal 26 Januari 2018 Tentang Jadwal Kegiatan dan Acara Rapat DPRD Kabupaten Kebumen bulan Februari 2018; dan Keputusan Pimpinan DPRD Nomor 170/ 5 Tanggal 29 Januari 2018 tentang  Jadwal Kegiatan Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kebumen Masa Sidang I Tahun 2018.

DPRD KEBUMEN