SDN 1 Kebumen Melakukan Simulasi Rapat

(0) Comments

SDN 1 Kebumen, merupakan sekolah dasar ke-4 dalam minggu ini yang melakukan wisata edukasi ke Gedung DPRD Kabupaten Kebumen, Jum’at (16/2). Seperti sekolah-sekolah lain, maksud dan tujuan ke DPRD Kebumen adalah untuk belajar secara langsung mengenai tugas, wewenang, kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan setiap hari.

Wakil Ketua DPRD Miftahul Ulum hadir menemui rombongan SD tersebut. Sebelum acara dimulai, seperti biasa pemutaran film pendek tentang profil DPRD Kabupaten Kebumen. Kemudian dilanjutkan dengan acara sambutan dari DPRD dan pihak sekolah.

Miftah sangat senang dengan antusiasme siswa-siswi yang begitu luar biasa. Dalam penjelasannya, Miftah menerangkan mengenai DPRD, alat kelengkapan DPRD, tugasnya, kegiatan-kegiatan yang dilakukan anggota DPRD apa saja. Ada pertanyaan yang menarik dari salah satu siswa, yaitu bagaimana Bapak Miftahul Ulum bisa berada disini. Kemudian Miftah menjelaskan perjalanannya mulai dari seorang arsitek hingga menjadi Anggota bahkan menjadi salah satu Pimpinan DPRD.

Selesai sesi tanya jawab, siswa-siswi diajak secara langsung untuk melakukan simulasi bagaimana urutan tata cara Rapat Paripurna berjalan dengan bantuan dari Tim Protokol Sekretariat DPRD. Anak-anak diberikan peran masing-masing, seperti ada yang menjadi ketua rapat, pembaca pandangan fraksi, mc dan dirigen.
“Siswa diajak melakukan simulasi Rapat Paripurna agar bisa merasakan secara langsung bagaimana prosesnya,” ungkap Miftah.

Acara ditutup dengan doa dan foto bersama. Setelah itu siswa-siswi SDN 1 Kebumen diajak berkeliling Gedung DPRD.

DPRD KEBUMEN