Komisi  A DPRD Kebumen Berkunjung ke Studio SCTV

(0) Comments

Dalam rangka meningkatkan promosi, investasi, peningkatan kunjungan wisatawan, keterbukaan informasi kepada publik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Kebumen Komisi A DPRD Kebumen kunjungan kerja dalam rangka studi banding untuk optimalisasi promo, pemasaran, perijinan dan mengeksplore potensi wilayah kepada dunia luar dalam hal ini untuk di publish supaya Kabupaten Kebumen terdongkrak pamor positifnya, pamor potensi wilayahnya, potensi wisatanya dan keterbukaanya dalam kerangka pemerintahan daerah.

Kamis (17/5) Komisi A DPRD Kebumen berkunjung ke Studio SCTV sebagai salah satu televisi swasta nasional yang dinilai memiliki peran yang sangat penting bagi Pemerintahan Kabupaten Kebumen. Diterima di ruang Lifestyle oleh general secretary Gilang Iskandar berserta jajaran dari programing dan news serta Irnawati selaku Kepala Divisi Humas.

“Bagaimana tindak lanjut agar ke depan SCTV bisa hadir kembali ke Kebumen setelah tahun 2017 dengan program INBOX, namun kedepan dari segi pariwisata, potensi dll” tanya Aksin Sekretaris Komisi A DPRD Kebumen.

Gilang Iskandar menyampaikan “dalam program siaran itu bisa berupa berita maupun yang non berita seperti acara music, kuliner dll, dalam pihak SCTV tidak mengenal istilah MOU karena menganut sistem bisnis dan kalau kerjasama menggunakan jasa Event Organizer (EO)” jelasnya.

“Dulu pernah melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah akan tetapi karena memakan waktu lama dan kemudian berurusan dengan pemeriksa, maka kerjasama dengan pemda dilakukan dengan EO atau Vendor” tambahnya.

Disamping itu pihak progamming juga menyampaikan kegiatan INBOX pernah dilakukan di Kebumen sekitar bulan Oktober 2017 dan bisa kembali ke daerah yang sama minimal 2 tahun kemudian. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan tour ke daerah memang cukup besar biasanya menggunakan tempat yang strategis untuk menarik massa seperti alun-alun.

“Yang diperlukan saat bekerja sama yakni akses perijinan dipermudah, memiliki lokasi yang menarik massa dan tidak dipungut biaya, akomodasi transportasi ditanggung daerah, termasuk hotel dan tiket PP sedangkan terkait artis ada pada pihak SCTV” jelas Kepala Divisi Humas Irnawati.

Tahapan permintaan acara non berita seperti INBOX yakni dari pemda mengajukan surat permohonan, lalu akan dirapatkan dan diagendakan sebagai acuan dari follow up, selanjutnya biasanya SCTV akan mengirim surat balasan yang akan ditindaklanjuti pemda melalui vendornya.

Diakhir acara Gilang Iskandar menambahkan “terkait dengan acara khusus tentang wisata di SCTV tidak ada program khusus hanya segmen saja yakni di Liputan 6 dengan durasi sekitar 5 menit dan dimedia digital lainnya serta mengenai permohonan khusus untuk meliput wisata daerah tertentu ajukan surat beserta profil daerah, nanti akan dibahas pada forum rapat redaksi dan jika di acc maka segala biaya yang timbul merupakan tanggungjawab SCTV”.

Komisi A DPRD Kebumen mendukung anggaran untuk biaya program dan kegiatan perjanjian kerjasama yang akan dilaksnakan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen di masa yang akan datang demi kemajuan  Kabupaten Kebumen.

 

DPRD KEBUMEN