Pemilu Demokrasi yang Berkeadilan dan Sehat

(0) Comments

Dalam rangka menambah wawasan, reasoning, knowledge dalam kerangka sukses dalam pelaksanaan pemilu yang bersih dan berkeadilan dengan mengedepankan norma-norma aturan yang berdasarkan pada peraturan perundang-undangan. Jum’at (18/5) Komisi A DPRD kebumen berkunjung ke Bawaslu Kota Adminstrasi Jakarta Pusat. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kebumen Bagus Setiyawan itu diterima di Ruang Rapat Bawaslu oleh Anggota Bawaslu Roy Sofia Sinaga.

Dalam pengantarnya Bagus Setiyawan menyampaikan maksud dan tujuan yakni ingin mengetahui pola penanganan ketika pesta demokrasi beserta masalahnya dengan masyarakat heterogen.

“Perlu adanya pola komunikasi yang baik antara calon yang dipilih, pemilih, tokoh masyarakat, Ketua Partai Politik sebagai bentuk pencegahan” jelas Roy Sofia Sinaga”.

Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu sudah seharusnya mendapat fasilitas yang memadai dari pemerintah daerah guna mengoptimalkan kinerja mereka sampai di tataran akar rumput. Sarana dan prasarana yang memadai bagi kesekretariatan Bawaslu juga memiliki peran yang penting, strategis dan fundamental guna menunjang berjalan nya pesta demokrasi yang berkualitas. Netralitas para ASN, APH dan pemangku kebijakan bidang pemilu menjadi modal dasar yang vital untuk meningkatkan kepercayaan public. Terhadap anggaran yang perlu dianggarkan dan disiapkan oleh pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai maka peran penting dari DPRD turut serta mendukung dan mendorong kecukupan dari sarana dan prasarana untuk suksenya pemilu.

“Untuk menjamin pemilu yang sehat dibutuhkan komitmen antar stakeholder untuk mentaati, menghormati, dan bertanggungjawab atas semua hal yang menjadi tupoksi masing-masing di area dan wilayahnya sehingga tidak terjadi konflik interest dalam menjalankan program dan kegiatan” jelas Roy.

Komisi A DPRD Kebumen berharap agar pelaksanaan pesta demokrasi wajib berazaskan ‘’pada prinsip-prinsip aturan dan perundang-undangan. Terkait dengan munculnya dinamika maupun beda pendapat, wajib ada penjelasan yang terukur dengan tanggungjawab para pihak yang berbeda pendapat dengan tetap mempedomani ketentuan yang berlaku guna mewujudkan pemilu pesta demokrasi yang berkeadilan dan sehat.

DPRD KEBUMEN