Perangkat Desa se-Kabupaten Kebumen, Tuntut THR

(0) Comments

Rabu (6/6), ratusan kepala desa dan perangkatnya se-Kabupaten Kebumen mendatangi Gedung DPRD, mereka menuntutan agar pemerintah memberikan tunjangan hari raya (THR). Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kebumen Widodo Sunu Nugroho beserta rombongan audiensi diterima Wakil Ketua DPRD Bagus Setiyawan di ruang pleno.

Karena ruangan yang tidak cukup, juga banyak Kades dan perangkat desa yang menunggu di luar gedung dewan. Hadir pula Kepala Dispermades PPPA Kebumen Moh Amirrudin dan Kabag Hukum Setda Kebumen Amin Rahmanurrasjid

Menurut Widodo, jika PNS mendapatkan THR namun kepala desa dan perangkat desa tidak, padahal kepala desa dan perangkatnya masuk anggota Korpri. Kemudian di kabupaten lain sebagai contoh, Kabupaten Kulon Progo, Bantul dan Ciamis juga mendapatkan THR.

Tuntutan tersebut berdasar pada PP nomor 20 tahun 2018 tentang pemberian Tunjangan Hari Raya dalam dalam tahun anggaran 2018 kepada Pimpinan dan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Nonstruktural (LNS), pasal 2 menyatakan pimpinan dan pegawai nonpegawai negeri sipil pada LNS diberikan tunjangan hari raya.

Kepala dan perangkat desa berhak mendapatkan THR, karena pemerintah desa masuk dalam LNS yang dibentuk dengan undang-undang dan pembiayaan diberikan kepada ABPN. Jika tuntutan mereka tidak ada respon atau tanggapan selama dua hari, mereka akan melakukan tindakan yang menakutkan.

DPRD KEBUMEN