Sampaikan Tanggapan di Rapat Paripurna, Plt Bupati Ajak Masyarakat Nyoblos

(0) Comments

Plt Bupati KH Yazid Mahfudz mengucapkan terimakasih atas apresiasi positif yang disampaikan fraksi atas raihan opini WTP dari BPK RI. Disampaikannya, opini WTP ini akan menjadi motivasi ke depan untuk meningkatkan kinerja lebih berkualitas dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Sementara terkait permintaan Fraksi partai Gerindra agar Plt Bupati memahami dan mematuhi tentang pentingnya nilai serta rambu-rambu kemitraan sejajar dengan DPRD, pihaknya berjanji akan memperhatikan hal tersebut.

“Terhadap himbauan terkait reformasi birokrasi, kemitraan sejajar dengan DPRD senantiasa kami perhatikan, baik secara regulatif, birokratis maupun politis. Terima kasih atas kerja sama yang sudah terjalin dengan baik.” jawab Plt Bupati.

Tanggapan bupati atas pencermatan fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Kebumen tahun 2017 ini disampaikan melalui Rapat Paripurna Senin (25/6) pagi. Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Tanggapan, Jawaban, dan/atau Tambahan Keterangan Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi ini dipimpin wakil ketua DPRD Bagus Setiyawan. Hadir secara pribadi Plt Bupati KH Yazid Mahfudz, Pj Sekda Mahmud Fauzi, Asisten Sekda Widyatmoko, para kepala OPD, dan para Camat.

Terkait permintaan Fraksi PDI Perjuangan agar Pemkab Kebumen menambah anggaran alokasi dana desa (ADD) dalam APBD Perubahan tahun 2018, disampaikan  Plt Bupati bahwa pagu ADD Tahun 2017 sebesar Rp 130.012.308.000,00 dan pagu ADD Tahun 2018 sebesar Rp127.117.756.000,00.

“Penurunan anggaran ini karena adanya penurunan alokasi DAU, namun demikian akan kami pertimbangkan sesuai kemampuan keuangan daerah.” janji Plt Bupati.

Sebelum memulai membacakan jawaban atas pencermatan fraksi, Plt Bupati menampaikan  koreksi atas pengantar penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggunjawaban Pelaksanaan APBD TA 2017.

“Bahwa atas Pendapatan Transfer realisasinya sebesar Rp2.264.290.535.216,00 dari target sebesar Rp2.300.474.283.000,00 atau 98,43%.” Koreksinya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Bupati juga mengingatkan seluruh warga Kabupaten Kebumen untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 secara baik dan bijak dan tetap menjaga toleransi, sehingga pemilihan umum nantinya dapat mencerminkan kualitas demokrasi dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

DPRD KEBUMEN