Panen Padi Perdana Varietas Inpari Sidenuk di Desa/ Kecamatan Petanahan

(0) Comments

Ketua DPRD H Cipto Waluyo SKepNs MM bersama Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz Selasa (17/7/2018) melakukan panen perdana padi varietas Inpari Sidenuk di desa petanahan kecamatan petanahan kabupaten kebumen. Varietas padi Inpari Sidenuk (Si Dedikasi Nuklir) merupakan varietas unggul hasil inovasi Badan Teknologi Nuklir Naional (BATAN). Pengembangan varietas ini menggunakan teknologi nuklir dan telah memperoleh sertifikasi dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Sayangnya, hasil panen perdana ini belum memenuhi ekspektasi dari dinas maupun BATAN sendiri.

Menurut sekretaris utama BATAN Falconi Margono, hal ini dimungkinkan karena tipe tanah di wilayah petanahan yang berpasir tidak cocok dengan varietas Sidenuk.

“Saat diujicoba di Karangsambung produktivitasnya lebih bagus. Di Petanahan produktivitasnya 5,6 ton per hektar, mungkin karena tanah berpasir. Ini akan jadi bahan evaluasi bagi kami,” kata Falconi dalam sambutannya.

Hadir dalam kegiatan bertajuk Farmers Field Day ini Ketua DPRD Cipto Waluyo, Sekretaris Utama BATAN Falconi Margono, Kepala Distapang Puji Rahayu, Kapolsek, dan Danramil Petanahan serta sejumlah camat.

Sementara Plt Bupati dalam sambutannya antara lain menyampaikan terimakasih kepada BATAN yang telah memperkenalkan petani Kebumen dengan teknologi maju pertanian.

“Kita perlu terus berinovasi dalam hal pengembangan benih unggul. Juga penerapan sistem pertanian yang didasarkan pada IPTEK. Terimakasih BATAN yang telah bekerjasama dengan baik dengan kami di Kabupaten Kebumen,” ungkap Plt Bupati.

Untuk diketahui, Penggunaan padi varietas Sidenuk merupakan salah satu program Kegiatan  BATAN di Kabupaten Kebumen yang sudah berlangsung sejak tahun 2012. Varietas padi sidenuk ini diklaim memiliki produktivitas yang tinggi mencapai 8-9 ton/ha dengan masa tanam hanya 110 hari. ‘Padi Nuklir’ ini juga tahan terhadap serangan hama wereng, serta rasa nasi yang lebih pulen.

DPRD KEBUMEN