Pelayanan Publik Adalah Ujung Tombak Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah

(0) Comments

Hasil kajian Badan Pembentukan Perda memberikan rekomendasi terhadap Raperda Inisiatif Komisi A tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik untuk dilanjutkan pembahasannya. Melalui Rapat Paripurna DPRD yang digelar Kamis (17/1/2019) ketua Bapem Perda Muhsinun SH menyatakan urgensi Raperda ini penting untuk diaplikasikan di Kabupaten Kebumen.

Sebagai tahapan selanjutnya, Komisi A selaku pengusul memberikan keterangan terkait materi Raperda dimaksud kepada pimpinan dan anggota DPRD. Penyampaian dilaksanakan dalam forum rapat paripurna DPRD yang digelar Jumat (18/1/2019). Juru bicara Komisi A Qoriah Dwi Puspa dalam kesempatan tersebut memaparkan, pelayanan publik merupakan salah satu cermin kinerja birokrasi secara umum.

“Pelayanan Publik menjadi ujung tombak interaksi antara masyarakat dan pemerintah. Pelayanan publik yang tidak akuntabel, lamban, berbelit-belit menyebabkan citra pelayanan publik yang tidak baik dan pada akhirnya bermuara pada krisis kepercayaan masyarakat pada pemerintah.” Kata Qoriah membacakan laporan penjelasan Komisi A.

Hasil evaluasi Komisi A terhadap kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen mulai Tahun 2015 s/d 2017 secara signifikan mengalami peningkatan ke arah perbaikan. Pelayanan di lingkungan Pemkab Kebumen, lanjut Qoriah, secara berturut-turut memperoleh skor 27,28 (kategori Kurang), 44,78 (kategori Cukup) dan 56,29 (kategori Cukup). 

“Dalam rangka memberikan jaminan dan kepastian penyelenggaraan pelayanan publik, memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyalahgunaan wewenang di dalam penyelenggaraan pelayanan publik, serta untuk memperjelas hak dan kewajiban antara penyelenggara pelayanan publik dengan masyarakat secara lebih luas, maka perlu lebih memperkuat kebijakan Bupati Kebumen atas penyelenggaran pelayanan publik dengan menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen tentang Pelayanan Publik,” lanjutnya.

Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Penjelasan Pengusul ini dipimpin Wakil Ketua H Agung Prabowo. Agenda pembahasan selanjutnya, Raperda ini akan mendapat pencermatan Fraksi-Fraksi DPRD melalui Pemandangan Umum Fraksi. Adapun Rapat Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi diagendakan akan dilaksanakan pada Senin (21/1/2019).

DPRD KEBUMEN