Memanfaatkan Potensi untuk Menambah Sumber Pendapatan Desa

(0) Comments

Selasa (5/3), Komisi B DPRD Kabupaten Kebumen melakukan studi banding ke DPMDPAKB (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat terkait Raperda tentang Sumber Pendapatan Desa. Rombongan di pimping oleh Wakil Ketua DPRD H Agung Prabowo, Wakil Ketua DPRD Miftahul Ulum, Ketua Komisi B Sudarmaji, Wakil Ketua Komisi B Yuniarti Widayaningsih SE, Anggota Komisi B Ir Budi Hianto S, R Tunggul Jaluaji, Jenu Arifiadi, Rifai Yuniantoro, Ahmad Marsudiyanto, Agus Hamim, Suhartono, H Gito Prasetyo, Hj Sri Parwati AMa, dan Nur Hidayati SH.

Acara tersebut diterima oleh Kepala Dinas DPMDPAKB Drs H E Z Alfian MPd, Kabid Pemerintahan Desa Agianto A Tahir SST MSi, Kasi Bina Sarana dan Prasarana Drs Eko Siswanto, Kasi Bina Aparatur Desa, dan Kasi Bina Aset dan Kekayaan Desa Aten Surya SIP dan juga salah satu Sekretaris Desa Papayan Kabupaten Tasikmalaya Endang Mulyana.

Sekdes Desa Papayan Kabupaten Tasikmalaya sengaja diundang untuk memaparkan desa tersebut yang merupakan salah satu desa yang maju di Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan bagian dari desa kawasan Panca Mandala yang berada di Kecamatan Jatiwaras. Berbeda dengan desa-desa lainnya, Desa Papayan lebih berkembang sedikit dibanding dengan empat desa lainnya

Sebagian warga Desa Papayan berprofesi sebagai petani dan PNS. Potensi desa yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar yakni, sumber air jernih Cimanggu, agrobisnis budidaya kelapa, mata air ciponok, makam bumi rongsok, buah manggis yang menjadi potensi desa, kerupuk kulit ikan patin olahan warga Desa Papayan.

Kemudian yang diunggulkan di Desa Papayan yaitu termasuk ke dalam desa yang memanfaatkan fasiltas DBT (Desa Broadband Terpadu) dengan baik. Terbukti dengan menjadikan web desa sebagai media penyampai berita dengan baik. Hampir semua warganya bisa mengakses internet di segala penjuru Desa Papayan. Warga dapat membeli voucher untuk mendapatkan akses internet. Sesuai dengan visi desa tersebut yaitu mewujudkan Desa Papayan yang maju di Kecamatan Jatiwaras Tahun 2019

Terkait dengan anggaran desa, Desa Papayan memasukan sebagian anggaran desa dalam bidang pembangunan desa lainnya dengan pengadaan bibit pohon manggis sebanyak 2000 bibit. Tujuan dari pengadaan bibit ini, tidak lain untuk meningkatkan perekoniman warga di bidang pertanian agar nantinya bisa mengolah hasilnya sendiri tanpa mengimpor ke luar daerah.

DPRD KEBUMEN