Pemkab Kebumen akan mengajukan Kawasan Geopark yang di akui Unessco

(0) Comments

Dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen menjadi salah satu kawasan Geopark yang mendunia dan diakui keberadaan nya di Unesco. Komisi A DPRD Kab Kebumen melakukan studi banding Rabu (6/3/2018) ke Universitas Padjajaran guna akan melaksakaaan MOU Perjanjian Kerja Sama untuk menjadi Tim Ahli dari Komisi A DPRD Kab Kebumen. Dalam Kunjungan tersebut di terima oleh Wakil Rektor 3 di ruang kerja nya.

Dalam perencanaan untuk melakukan optimalisasi tugas dan kewajiban DPRD agar semakin bermanfaat hasil kinerja dari DPRD maka di anggap dan di pandang perlu DPRD Kab Kebumen memiliki tim ahli di tiap alat kelengkapan. Tim ahli tersebut di maksudkan untuk mendukung langkah langkah dari Pemkab Kebumen yang merupakan mitra kerja dari DPRD selaku penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

“Terhadap perencanaan Pemkab Kebumen akan mengajukan Kawasan Geopark yang di akui Unessco perlu di siapkan langkah langkah dalam konten yang memadai dari sisi pemberdayaan masyarakat, Pelestarian budaya, Pengembangan Wisata yang berbasis alam dari pegunungan sampai lautan yang kemudian menjadi wisata yang berkelanjutan, dari Infrastruktur sampai ekosistem di sekitar yang wajib harus terjaga keaslian dan kemurnian nya , serta partisipasi masyarakat nya yang aktif dalam pengembangan pemberdayaan nya” jelas Aksin selaku Sekretaris Komisi A DPRD Kebumen.

Sebagaimana maksud diatas perlu perencanaan yang matang dari berbagai lintas sektor dan diskusi dengan para pihak untuk meloloskan tujuan dari pemkab Kebumen tersebut. Komisi A akan mendukung hal itu dengan ikut mendorong penganggaran pemberdayaan, pemenuhan tim tim ahli yang kompeten disertai dengan pemahaman kepada masyarakat akan penting nya kerjasama yang berkelanjutan

Komisi A DPRD Kab Kebumen senantiasa akan melakukan kajian dan pemetaan teknis operasional berkaitan dengan sistem pemberdayaan yang merupakan kelanjutan dari upaya pemkab meningkatkan kesejahteraan rakyat

“ Dengan akan di tandatangani nya PKS antara DPRD Kab Kebumen dengan Universitas Padjadjaran , diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata kepada perbaikan sistem dan managemen pemberdayaan guna menuju ke arah penyempurnaan yang lebih terukur serta dapat membawa suksesnya Kab Kebumen menjadi kawasan geopark  International Unesco” tutur Wakil Rektor 3 Unpad Bandung.

Komisi A DPRD Kebumen berharap studi banding ini dapat memberikan kemajuan bagi Kab Kebumen dan dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat Kabupaten Kebumen.

 

DPRD KEBUMEN