Butuh Dukungan Politik Untuk Wujudkan UNESCO Global Geopark

(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Potensi Geopark Karangsambung – Karangbolong Kebumen terus digenjot untuk Go-International. Tak hanya oleh Pemerintah Kabupaten dan tim pengelola Geopark bentukan Bupati, DPRD melalui Komisi A juga memiliki semangat tinggi untuk mewujudkan cita-cita menuju Geopark Global UNESCO Karangsambung – Karangbolong. Salah satu upayanya yakni dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (Public Hearing) dengan berbagai stake-holder yang terkait dengan pengembangan Geopark Karangsambung Karangbolong.

Public Hearing yang digelar Kamis (4/4/2019) di ruang rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Bagus Setiyawan didampingi Sekretaris Komisi A Aksin. Komisi A selaku penggagas Public hearing juga menghadirkan Pengajar dan Peneliti di Magister Pariwisata Berkelanjutan dari Pascasarjana Unpad, Kusno Pamungkas yang juga sebagai Tim Ahli persiapan Menuju Cita-Cita Geopark Global UNESCO.

“Kebumen punya semuanya. Pengembangan Geopark bukan melulu soal besarnya anggaran, kuatnya kemauan, tapi yang terpenting adalah potensi alamnya. Terlebih disini (Kebumen .red) ada Laboratorium Geologi LIPI,” kata Wakil Ketua DPRD Bagus Setiyawan.

Sekretaris Komisi A Aksin menyampaikan terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir. Dalam public hearing ini Komisi A mengundang sejumlah pihak. Mulai dari Dinas/OPD terkait, LIPI, para camat di wilayah bentang Geopark, hingga komunitas-komunitas wisata.

“Pengembangan Geopark memang ranahnya Pemkab, tapi bukan berarti Komisi A ini jadi legislatif rasa eksekutif, bukan. Untuk menuju Geopark Global UNESCO, dukungan politik juga sangat penting,” papar Aksin.

Hal senada disampaikan Tim Ahli dari Unpad Bandung, Kusno Pamungkas. Ia membenarkan bahwa salah satu unsur penting mulusnya progress agar diakui dunia Internasional adalah dukungan politik. Disampaikannya, setidaknya ada 5 faktor yang harus dipenuhi demi mewujudkan geopark global.

“Dukungan politik memang sangat penting, disamping adanya komitmen yang kuat dari masyarakat setempat.” Terang pengajar di Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung ini.

Faktor lain, lanjut Kusno, adalah adanya kemitraan jangka panjang antar stake holder terkait, dukungan politik, dan pengembangan strategi yang tepat.

UNESCO Global Geopark adalah wilayah geografis tunggal di mana situs dan bentang alam yang memiliki nilai internasional. Wilayah ini dikelola berdasarkan konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan secara menyeluruh.

Kabupaten Kebumen melalui Geopark Karangsambung-Karangbolong bertekad untuk menggunakanwarisan geologi yang berkaitan dengan aspek warisan alam dan budaya ini untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman aneka masalah masyarakat. Seperti penggunaan sumber daya bumi secara berkelanjutan, mengurangi dampak perubahan iklim ,serta memperkecil dampak bencana alam. Harapan besarnya adalah Geopark Karangsambung – Karangbolong akan diakui oleh UNESCO sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

DPRD KEBUMEN