Dua Raperda Kabupaten Kebumen Akan Dicabut

(0) Comments

Agenda rapat paripurna DPRD Kebumen Kamis (9/5/2019) yaitu Pandangan Umum Fraksi terhadap dua raperda Kabupaten Kebumen yaitu Raperda Tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa Dan Perangkat Desa dan Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 9 Tahun 2007 Tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa Dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kebumen Miftahul Ulum. Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen H Ujang Sugiono SH.

Setelah mencermati Raperda-Raperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 8 Tahun 2007 tentang Kedudukan dan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014, pengaturan tentang penghasilan tetap, tunjangan dan penerimaan Kepala Desa dan Perangkat Desa diatur dengan peraturan Bupati. Oleh karena itu Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 8 Tahun 2007 tentang Kedudukan dan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa sudah tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga perlu dicabut, begitu juga dengan Perda Nomor 9 Tahun 2007 tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan perlu segera dicabut karena sudah tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Seluruh Fraksi menyetujui 2 raperda tersebut harus segera dicabut karena tidak sesuai dengan regulasi. Selanjutnya setelah penyampaian seluruh fraksi dilanjutkan dengan Penyampaian Tanggapan dan/ Jawaban Bupati terhadap 2 Raperda yang akan diparipurnakan besok Jumat 10 Mei 2019.

 

 

 

 

 

 

DPRD KEBUMEN