Komisi A Berkunjung ke Perpustakaan Nasional

(0) Comments

Kunjungan kerja Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen Kamis (16/5) ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tentang Program Pengembangan Perpustakaan Kabupaten Kebumen. Kunjungan kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kebumen Bagus Setiyawan itu diterima di ruang rapat serbaguna lantai 4 Perpustakaan Nasional RI Jakarta. Penerimaan kunjungan diterima hangat oleh Dewi  Deputi bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kepala Sub-Bagian Humas Perpustakaan Nasional Nurhadi Saputra. Dewi menyampaikan inovasi kegiatan perpustakaan. Kegiatan perpustakaan ditiap kabupaten wajib harus ada sesuai Undang-Undang. Dan sebagai turunannya di PP diatur di Kabupaten harus di bentuk perangkat daerah. “DaIam program di IeveI nasionaI teIah direncanakan bentuk kegiatan program transformasi InkIusi sebagai reaIisasi faktuaI untuk membentuk karakter mindside yang tanggung kuat dan kompeten yang kemudian bisa turut mengurangi tingkat kemiskinan” jelasnya.

Nurhadi Saputra menambahkan “Dinas Perpustakan harus bersinergi ditiap jenjang kewenangannya dari Propinsi sampai Kabupaten sebagai bentuk perwujudan pengembangan peningkatan SDM secara terintegrasi” imbuhnya.

Kabupaten menjadi titik tujuan pusat pengembangan pusat Informasi membaca untuk meIakukan interaksi. Di Perpusnas yang sistem nya dekonsentrasi di tingkat propinsi kegiatannya daIam bentuk peningkatan dan kuaIitas seminar, Iomba Iomba dan sifatnya yang bersifat edukasi. SeIain itu juga ada program DAK untuk pembangunan gedung untuk Infrastrukturnya daIam rangka menunjang kegiatan kemajuan perpustakaan untuk kenyamanan gemar membaca. Kegiatan yang mendukung untuk akseIesari gemar membaca juga dibuat untuk memberikan rewad pada stake hoIker peIaku perpustakaan. Komisi A berharap dengan melakukan kunjungan ini perpustakaan Kabupaten Kebumen menjadi lebih baik.

 

DPRD KEBUMEN