Panitia Pemilihan Wakil Bupati Lampung Tengah kunjungi DPRD Kebumen

(0) Comments

Kunjungan kerja panitia pemilihan Wakil Bupati Lampung Tengah ke DPRD Kebumen diterima oleh Wakil Ketua DPRD Kebumen Bagus Setiyawan di ruang rapat pimpinan DPRD Kebumen (15/7). Turut mendampingi para Kasubbag di Sekretariat DPRD Kebumen. Kunjungan yang dipimpin oleh Plt Ketua DPRD Kabupaten Lampung Tengah Febriyantoni itu dalam rangka untuk mengetahui proses dan tahapan pelaksanaan Pemilihan Wakil Bupati di DPRD Kabupaten Kebumen.

“Pada Tahun 2018 lalu, di Kabupaten Lampung Tengah Bupati terjerat kasus hukum sehingga Wakil Bupati dilantik untuk mengisi jabatan Bupati yang kosong, oleh karena itu terjadi kekosongan jabatan Wakil Bupati hingga sampai saat sekarang, yang ingin kami tanyakan bagaimana gambaran pelaksanaan proses pengusulan Wakil Bupati hingga proses pemilihannya?” tanya Febriyanto Plt Ketua DPRD Lampung Tengah.

Bagus Setiyawan Wakil Ketua DPRD Kebumen menjelaskan awalnya DPRD Kebumen menyampaikan usulan pengangkatan dan pengesahan Wakil Bupati menjadi Bupati kepada Menteri melalui Gubrnur untuk diangkat dan disahkan sebagai Bupati. Pengisian kekosongan jabatan Wakil Bupati dilakukan jika sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan terhitung sejak kosongnya jabatan tersebut. Terkait waktu tahapan pmbentukan panitia sudah diatur dalam Tata Tertib DPRD Kebumen. Partai politik atau gabungan partai politik pengusung yang masih memiliki kursi di DPRD mengusulkan 2 calon kepada DPRD untuk dipilih. “Proses yang lama adalah penjaringannya, jika sudah memasuki proses pemilihan akan berjalan cepat karena regulasinya sama” jelas Bagus Setiyawan.

Mokh Fatoni Kasubbag Perundang-Undangan pada bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kebumen juga menambahkan dalam tata tertib diatur 50% dari jumlah anggota DPRD jadi selama Anggota DPRD tersebut belum diberhentikan maka masih memiliki hak suara. Proses pemilihan Wakil Bupati sudah diatur dalam Tatib DPRD.

DPRD KEBUMEN