Geopark Karangsambung-Karangbolong Perlu dukungan berbagai lintas Sektor

(0) Comments

Dalam rangka mendorong dan mendukung Pemkab Kebumen memperoleh dukungan dari berbagai lintas sektor Kementerian lembaga di Pemerintahan pusat dan dukungan dukungan dari lembaga non kementerian untuk mewujudkan impian dan cita cita Kab Kebumen meraih pengakuan dari dunia Internasional terkait dengan Geopark Karangsambung Karangbolong menjadi Global, maka Komisi A melakukan kunjungan konsultasi ke KNGI di Kementerian Koordinator dan Kemaritiman Kamis (25/7).

Dan dalam forum konsultasi itu Pemkab wajib menyusun masterplan dan managemen plan untuk menyiapkan kesiapan itu wajib dibuat dengan matang dan sesuai kaidah Internasional. Dalam penyusunan master plan itu mencakup sisi-sisi sejarah Geodiversiti, Biodiversiti dan bersifat konservasi untuk dipadukan antar geosite dari sisi story telling. Terhadap proses pengusulan ke UGG diperlukan sistematika yang jelas, terarah dan terukur disetiap tahap. Dengan sangat memperhatikan kegiatan yang sifat nya Empowering demi terwujudnya tujuan capaian pengurangan kemiskinan. Pemkab dalam hal Empowering perlu melibatkan sistem yang wujudnya Pentahelix dimana sistem pentahelik ini melibatkan Pemerintah, Perguruan tinggi, Swasta Interprener, Media dan komunitas.

Komisi A DPRD Kebumen atas hasil dari Konsultasi ke KNGI di Kemenkomaritaman merekomendasikan kepada Pemkab Kebumen untuk melakukan MOU kerjasama dengan seluruh kementerian lembaga supaya pemerintah Kab dapat memperoleh dukungan dari pusat. Melakukan penyusunan dan penganggaran masterplan dan managemen plan untuk jangka 10 tahun melakukan penyiapan SDM dalam hal kerjasama untuk penggunaaan dana CSR melakukan percepatan pemahaman akan pentingnya konservasi ditingkat masyarakat di area lokasi sungai, hutan, bukit dan area area pertambangan.

DPRD KEBUMEN