Komisi B : Melestarikan Budaya Bangsa Di Wilayah Kabupaten Kebumen

(0) Comments

Komisi B DPRD Kebumen Study referensi di Museum Seni (Museum Wayang) bertempat di Kawasan Kota Tua Jakarta tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara 27-29 Jakarta Barat, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 28 Juni 2019 diterima langsung oleh ibu Esti Utami selaku Kepala UP Museum Seni Jakarta, Bapak Sumardi Kepala Unit Museum Wayang dan Bapak Lilik Kepala Unit Museum Seni Rupa dan Keramik.

Museum Wayang menempati sebuah gedung artistik yang dibangun pada tahun 1912. Gedung Museum Wayang pad awalnya merupakan bangunan gereja yang dibangun pada tahun 1640 bernama de Oude Holandsche Kerk. Pada tahun 1732 gereja tersebut direnovasi dan diganti nama menjadi de Nieuw Holandsche Kerk. Bangunan ini pernah hancur akibat gempa bumi.

Lembaga yang menangani pengetahuan dan kebudayaan Indonesia membeli bangunan ini dan diserahkan kepada Stichting out Batavia, dan pada tanggal 22 Desember 1939 dijadikan museum yang bernamaBataviasche Museum. Pada tahun 1957 bangunan ini kemudian diserahkan kepada lembaga Kebudayaan Indonesia. Pada tanggal 17 September 1962 gedung tersebut diserahkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian pada tanggal 23 Juni 1968 diserahkan kepada Pemerintah DKI Jakarta untuk dijadikan Museum Wayang, dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada tanggal 13 Agustus 1975. Wayang di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Awalnya merupakan produk kebudayaan keraton. Wayang yang pada Mulanya dijadikan alat pemujaan terhadap leluhur kemudian mengalami pergeseran nilai setelah masuknya kebudayaan Hindu ke Indonesia sekitar abad ke-5. Dalam perkembangannya, wayang di Indonesia kemudian menjadi tradisi, sehingga mampu bertahan ditengah masyarakat pendukungnya. Wayang Indonesia telah diakui oelh UNESCO sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 7 November 2003 di Paris, dimana Wayang di Indonesia telah diakui sebagai karya agung budaya dunia. Wayang yang menjadi Master Piece dan tidak di pamerkan yaitu Wayang Kyai Intan.

Terkait dengan Museum Seni (Museum Seni) Komisi B berharap untuk masyarakat Kabupaten Kebumen khususnya melalui Pemerintah untuk dapat melestarikan Budaya Bangsa terutama di wilayah Kabupaten Kebumen, dimana di daerah ini banyak sekali penggemar budaya wayang tersebut. Pemerintah juga harus membantu masyarakat untuk mewujudkan pelestarian budaya wayang.

DPRD KEBUMEN