Pembentukan Fraksi DPRD Kebumen Dijadwalkan Tanggal 2 September

(0) Comments

Dua pekan pasca pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Kebumen, Fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Kebumen belum juga terbentuk. Padahal, pimpinan Sementara DPRD melalui surat bernomor 170/407 telah menetapkan batas akhir penyampaian surat usulan pembentukan fraksi DPRD Kabupaten Kebumen pada tanggal 20 Agustus 2019. Namun hingga Senin (26/8/2019) baru 5 dari 9 parpol yang menyampaikan surat dimaksud ke Sekretariat DPRD.

Disampaikan Sekretaris DPRD Dwi Suliyanto usai mengikuti rapat internal tentang agenda kegiatan DPRD di Ruang Rapat Pimpinan, Parpol yang telah menyampaikan surat usulan pembentukan fraksi yakni PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PPP, dan PKS. Sedangkan Parpol yang belum menyampaikan surat yakni PKB, Gerindra, PAN, dan Demokrat.

Ditemui usai memimpin rapat internal terkait pembentukan fraksi, Ketua Sementara DPRD Adhitya Whisnu Bayu Aji mengatakan, rapat telah mengambil keputusan untuk menggelar rapat paripurna DPRD dengan agenda penetapan fraksi pada tanggal 2 September mendatang. Pihaknya optimis seluruh parpol yang memiliki kursi di DPRD akan menyerahkan surat usulan pembentukan fraksi sebelum tanggal dimaksud.

“Usulan pembentukan fraksi itu ranahnya DPC tingkat Kabupaten, bukan DPP Jakarta. Yang harus melalui rekomendasi DPP adalah usulan pimpinan definitif,” kata Adhitya di ruang kerjanya Senin (26/8/2019).

Terpisah, Ketua DPD PAN Kabupaten Kebumen Bagus Setiyawan membenarkan partainya belum mengirimkan surat usulan pembentukan fraksi kepada Sekretariat DPRD. Disampaikan Bagus, pihaknya sampai saat ini masih melakukan komunikasi intensif dengan parpol lain mengingat PAN harus berkoalisi untuk bisa membentuk fraksi. Namun dengan parpol mana PAN berkoalisi, Bagus yang juga anggota DPRD ini enggan menyampaikan.

“Kami masih terus berkomunikasi dengan semua parpol. Hasilnya nanti kami konsultasikan dengan DPW PAN Jawa Tengah,” terang Bagus.

Disinggung terkait telah dijadwalkannya rapat paripurna DPRD pada 2 September mendatang, ia optimis PAN akan mampu memenuhi kewajiban.

“Insya Alloh bisa. Kami selalu taat dan patuh pada aturan lembaga DPRD.” Pungkasnya.

Senin (26/8/2019) pagi, Pimpinan Sementara DPRD menggelar rapat internal untuk membahas agenda kegiatan DPRD bulan Agustus dan September 2019. Rapat dipimpin Ketua Sementara DPRD Adhitya Whisnu Bayu Aji didampingi Wakil Ketua Sementara Nur Hariyadi. Dalam rapat ini DPRD antara lain mengambil keputusan untuk menyelenggarakan rapat paripurna (internal) DPRD dengan agenda Pengumuman Pembentukan Fraksi DPRD.

DPRD KEBUMEN