Jawaban Bupati Terhadap Pandangan Umum Fraksi tentang Perubahan APBD TA 2019

(0) Comments

Setelah pandangan umum fraksi dilaksanakan Selasa (24/9/2019) DPRD Kebumen kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Jawaban Bupati terhadap Pandangan Umum Fraksi Rabu (25/9/2019). Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kebumen Sarimun didampingi Wakil Ketua DPRD Kebumen Fuad Wahyudi dan Yuniarti Widayaningsih. Dalam rapat tersebut dihadiri pula puluhan Anggota DPRD Kebumen lain. Tanggapan bupati disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH. Turut mendampingi Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH, Asisten Administrasi Supriyandono dan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Kebumen.

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH mengapresiasi terhadap kinerja pengelolaan pendapatan daerah khususnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Upaya-upaya pencapaian target pendapatan disampaikan diantaranya mengintensifikasi dan mengoptimalkan wajib pajak yang sudah terdata, melakukan penagihan dan membentuk koordinator lapangan. Terhadap permintaan penjelasan mengenai peningkatan daya saing daerah disampaikan juga bahwa dalam APBD baik Murni maupun Perubahan 2019 telah diakomodir beberapa kegiatan terkait yang mendukung pengembangan ekonomi masyarakat berupa kegiatan pelatihan ketrampilan dan pengembangan produk lokal pada OPD.

Terhadap pos-pos PAD yang mengalami penambahan pada perubahan tahun anggaran 2019 diantaranya meliputi pajak restoran, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, BPHTB, retribusi pelayanan kesehatan, retribusi pelayanan persampahan/ kebersihan, retribusi pelayanan pasar, retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

Ketua DPRD Kebumen Sarimun berharap terhadap APBD Perubahan TA 2019 bisa selesai tepat waktu yang telah ditentukan. Pihaknya juga mengharapkan agar Banggar benar-benar mencermati agar anggaran benar-benar sesuai peruntukannya.

 

DPRD KEBUMEN