Penjaringan Aspirasi

(0) Comments

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah; Peraturan Pemerintah No 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota; Keputusan Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Kebumen Nomor 172.1.3/2 Tanggal 30 September 2019 Tentang Jadwal Kegiatan dan Acara Rapat DPRD Kabupaten Kebumen bulan Oktober 2019; dan Keputusan Pimpinan DPRD  Kabupaten Kebumen Nomor 172.1.1/12 Tanggal 14 Oktober 2019 tentang Jadwal Kegiatan Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kebumen Periode 2019 – 2024 Masa Persidangan I Tahun 2019 maka DPRD Kabupaten Kebumen melaksanakan Kegiatan reses/ penjaringan aspirasi masyarakat Anggota DPRD Kabupaten Kebumen Periode 2019 – 2024 Masa Persidangan I Tahun 2019 pada Tanggal 22 Oktober sampai dengan Tanggal 25 Oktober 2019.

Pada masa reses, para anggota dewan ini berkesempatan untuk bertemu dan menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan dikenal dengan kunjungan kerja. Kunjungan kerja ini bisa dilakukan oleh Anggota Dewan secara perseorangan maupun secara berkelompok.
Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam  pemerintahan.
Pelaksana reses DPRD biasanya dilaksanakan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD dengan difasilitasi oleh Sekretariat DPRD-Nya. Dan para peserta reses tersebut melibatkan seluruh elemen masyarakat antara lain, Camat, TNI/Polri, Organisasi Politik, Tokoh Masyarakat / Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, LSM, OKP, Pimpinan Puskesmas, Dinas Jawatan, Lurah/Kades/Perangkat Desa dan Kepala Dusun, serta Kelompok Masyarakat lainnya.

DPRD KEBUMEN