Pansus III DPRD Kebumen Gelar Public Hearing

(0) Comments

Ketua Pansus III DPRD Kebumen H Gito Prasetyo ST memimpin rapat dengar pendapat umum (Public Hearing) terkait raperda tentang Perusahaan Perseroan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Kebumen bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kebumen Rabu (11/3/2020). Dari Eksekutif dihadiri oleh Bagian Hukum Setda Kebumen, Bagian Perekonomian Setda Kebumen. Hadir pula Dewan Pengawas BPR Kebumen, Para Camat dan Beberapa Kepala Desa/Lurah, Direksi serta Karyawan dan Perwakilan Nasabah BPR. 

Ketua Pansus III DPRD Gito Prasetyo menyampaikan maksud dan tujuan raperda ini untuk membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah serta merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Rudi Rastiono, Direktur Bank Kebumen menjelaskan pihaknya ke depan akan melakukan ekspansi pelayanan dan mengadakan program SINIKI yang ditujukan untuk kalangan mikro di pasar, guna mengurangi ketergantungan kepada rentenir.

Selain melayani penyaluran kredit, Bank Kebumen akan melayani pembayaran rekening listrik, air dan kredit konsumtif. Sementara Dewan Pengawas Bank Kebumen melalui Setyo Basuki mengatakan harapannya agar Bank Kebumen dapat mengelola APBD. “Karena kepemilikan sahamnya 100% milik Pemkab, maka kami berharap ke depan Bank Kebumen dapat ikut mengelola APBD” ujar Setyo Menanggapi pernyataan Direksi dan Dewan Pengawas Bank Kebumen, Anggota Pansus III Bambang Supardjo berharap, peralihan status BKK menjadi Bank Kebumen, hendaknya diikuti dengan peningkatan kinerja. Bambang juga mengharapkan, Dewan pengawas bisa menjalankan fungsi mediasi antara pemegang saham dengan jajaran direksi, sehingga Bank Kebumen disamping bisa memaksimalkan fungsi pelayanan juga mampu memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah yang signifikan. Tentang wacana usulan agar Bank Kebumen ikut mengelola APBD, menurut Bambang hal tersebut merupakan usulan yang menarik dan masuk akal, yang akan dibahas dan didiskusikan untuk finalisasi.

DPRD KEBUMEN