PMI Semprot Disinfektan Kompleks Gedung DPRD Kebumen

(0) Comments

Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kompleks gedung DPRD Kebumen sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Sekretaris PMI Kebumen Salim Wazdy menyampaikan, penyemprotan desinfektan ini dilakukan oleh Team Wash (Water Sanitation and Hygiene) berjumlah 10 orang yang didalamnya melibatkan struktural PMI Kebumen beserta relawan. “Kegiatan ini merupakan salah satu misi kemanusiaan dengan bersinergi pihak terkait khusunya Dinkes Kebumen,” katanya, disela kegiatan Rabu, 18 Maret 2020.

Dari pantauan kegiatan, para petugas dilengkapi alat pelindung diri (APD) kumplit seperti sarung tangan, sepatu boot, helm, sprayer dan masker. Penyemprotan desinfektan dilakukan di seluruh ruang yang berada di gedung DPRD Kebumen. Bahkan, dinding, tangga, toilet dan dapur tak luput disemprot oleh petugas. “Semua berkat bulan dana PMI yang terhimpun dari masyarakat kita bisa ikut andil menangkal virus corona,” jelas dia.

Menurut Salim, tindakan penyemprotan disinfektan akan dilanjutkan ke tempat publik, instansi pemerintahan dan fasilitas umum lain, dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. “Satu hari kita maksimalkan tergantung kondisi juga. Hari ini kompleks Sekda, Rumdin Bupati dan Wakil Bupati,” terangnya.

Sementara, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kebumen Dodi Suprijanto saat mendampingi kegiatan penyemprotan mengapresiasi kesiagaan PMI dalam mensterilkan kompleks gedung DPRD Kebumen dari penyebaran virus corona. “Ini patut kita dukung PMI Kebumen dalam membawa misi kemanusiaan. Sebisa mungkin jangan tunggu keluhan atau laporan dari masyarakat dulu baru kita gerak,” ucapnya.

Ia mengajak, langkah preventif ini hendaknya diimbangi oleh masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). “Penerapan (PHBS) seperti membersihkan diri setelah melakukan pekerjaan disinfeksi dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir juga perlu untuk menangkal,” tutup anggota Komisi B DPRD Kebumen.

DPRD KEBUMEN