Livestream Musrenbang RKPD 2021

(0) Comments

Senin, (30/3/2020) Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kebumen menyaksikan siaran livestream Musrenbang (RKPD) Tahun 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kebumen yang disiarkan oleh Ratih TV Kebumen. Agenda tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan situasi dan kondisi saat ini adanya pandemi COVID-19 yang cepat penyebarannya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD H Sarimun berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen segera melakukan penanganan dengan cara baik, tepat dan cepat agar penyebarannya tidak menjadi gangguan terhadap  keamanan,  ketertiban,  dan kesehatan  masyarakat.  “Permasalahan  ini  harus  cepat  terselesaikan dan  kehidupan  masyarakat  kabupaten kebumen menjadi normal lagi”, ungkapnya.

Terlepas dari permasalahan COVID-19, pokir DPRD sebenarnya merupakan sebagai tindak lanjut hasil reses para anggota DPRD ke masing-masing Daerah  Pemilihan,  untuk  ditindaklanjuti oleh Pemerintah dalam bentuk Program/Kegiatan di APBD. Keikutsertaan  DPRD  dalam musrenbang kabupaten ini adalah dalam rangka melaksanakan fungsinya sebagai representasi masyarakat dan perwujudan dari fungsi   budgeting   sekaligus   merealisasikan sumpah jabatannya bahwa akan memperjuangkan “ASPIRASI MASYARAKAT”.

Secara garis besar Pokir DPRD tahun ini adalah mengusulkan perbaikan infrastruktur jalan  ataupun  irigasi.  Ketersediaan infrastruktur yang memadai dan berkualitas akan lebih mempercepat proses pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, terutama dapat menghubungkan sentra produksi dan perdagangan. “Yang paling penting adalah, diimbangi dengan kegiatan atau bukti nyata dan  juga  upaya  pemeliharaan  secara  rutin serta berkala”, jelas Sarimun.

Pokir terkait peningkatan  produktivitas  pertanian, kesehatan  masyarakat  dan  juga pengembangan potensi daerah pada sektor industri, perdagangan serta pariwisata dalam rangka  kedaulatan  pangan  dan  energi, masing-masing  sektor tersebut secara nyata menjadi bagian penting.

H Sarimun menyampaikan beberapa  hal  yang perlu untuk    menjadi perhatian kita bersama, di antaranya yaitu Tahun 2021 adalah tahun terakhir RPJMD 2016-2021 yang merupakan milik bersama dan disepakati bersama antara legisltf  dan  eksekutif,  termasuk masyarakat Kabupaten Kebumen. “Berdasarkan data yang kami peroleh, 2 (dua) PR besar yang masih harus kita upayakan adalah percepatan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi serta pengurangan angka pengangguran”, jelanya.

Meskipun target angka kemiskinan sudah berhasil, namun tetap predikat daerah termiskin perlu menjadi perhatian bersama. DPRD mendorong perbaikan data masyarakat  miskin  yang  belum dimasukkan dalam Penanggulangan kemiskinan berdasarkan Data  Terpadu  Kesejahteraan  Sosial (DTKS) dan penyaringan data masyarakat yang sesungguhnya tidak layak mendapatkan bantuan sosial seperti BPNT dan PKH. “Kami meminta Bupati melalui Dinas Sosial mengintruksikan Kades-kades melaksanakan Musyawarah Desa”, tegasnya. Selain itu, DPRD juga mendorong penetapan sasaran program-program DTKS.

DPRD KEBUMEN