DPRD Kebumen Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban dan/ atau Tanggapan Bupati atas PU Fraksi terhadap Raperda Perubahan APBD TA 2020

(0) Comments

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen dengan agenda Penyampaian Jawaban dan/ atau Tanggapan Bupati atas Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen tentang Perubahan APBD TA 2020.

Rapat berlangsung di ruang rapat Paripurna Lantai 2 Gedung DPRD Kabupaten Kebumen, Rabu (5/8/2020).

Dalam rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Kebumen H Sarimun S Sy dan didampingi Ketua Wakil DPRD Kabupaten Kebumen H Agung Prabowo SH. Setelah masing-masing fraksi menyampaikan Pandangan Umum terhadap Raperda Kabupaten Kebumen tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 pada hari Selasa (4/8/2020). Dari penyampaian Pandangan Umum tersebut semua fraksi menerima atau menyetujui Raperda Kabupaten Kebumen tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

Terhadap upaya-upaya optimalisasi pendapatan daerah pada era new normal Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz menyampaikan bahwa langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintah daerah diantaranya melakukan study potensi dalam penetapan pajak daerah dan retribusi daerah oleh pihak ketiga yang bersifat independen diharapkan dapat mengetahui pasti potensi pendapatan asli daerah. Kemudian melakukan monitoring dengan pemasangan tappng box alat pembayaran pajak daerah bekerjasama dengan Bank Jateng yang selaras dengan program Korsupgah KPK yang telah menjadi program nasional.

Disamping itu atas pandangan umum fraksi PPP terhadap permintaan agar pemerintah daerah menggali sumber pendapatan baru guna meningkatkan pendapatan daerah yang mengalami penurunan sebesar Rp 213.560.360.000,00 Bupati Kebumen menjelaskan telah melakukan langkah optimalisasi diantaranya intensifikasi pungutan pajak daerah, retribusi daerah, serta hasil pengelolaan kekayaan daerah dan pendapatan asli daerah lainnya yang sah. Terobosan dan langkah antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kebumen pada APBD Perubahan ini untuk mencapai target penurunan angka kemiskinan tahun 2020 ini, Pemerintah Daerah melaksanakan kebijakan antara lain penyusunan satu data kemiskinan Kabupaten Kebumen melalui kegiatan pendataan dan verifiasi lapangan terhadap data kemiskinan, dengan indikator yang mengkombinasian indikator kemiskinan Nasional dan indikator kerifan local. Pendataan dan verifikasi dilakukan secara berjenjang oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Desa, Kelurahan dan Kecamatan, dikoordinasikan oleh Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bersama Perangkat Daerah terkait.

Terhadap beberapa kesalahan dalam penyusunan Nota Keuangan RAPBD Perubahan Bupati Kebumen menyampaikan terima kasih kepada fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atas pencermatannya dan akan kami perhatikan pada penyusunan dokumen di waktu yang akan datang.

Bupati Kebumen berharap jawaban dan tambahan penjelasannya dapat lebih memperjelas hal-hal yang dipertanyakan.

DPRD KEBUMEN