DPRD Kabupaten Kebumen jadi Destinasi Wisata Edukasi

Oct 04 2017
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Pendidikan Sekolah Dasar merupakan lembaga yang dikelola dan diatur oleh pemerintah yang bergerak dibidang pendidikan. Sekolah Dasar diselenggarakan secara formal yang berlangsung selama 6 tahun dari kelas 1 hingga kelas 6. Dalam pelaksanaannya pendidikan sekolah dasar diberikan secara non formal atau formal pada anak bukan hanya dilakukan di sekolah dan lingkungan keluarga saja namun bisa dilakukan diluar sekolah.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan tentang kelembagaan legislasi pada anak-anak Sekolah Dasar, Siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri 2 Candi Karanganyar dan SD Negeri 2 Semanding Gombong pada Selasa (3/10) pagi mengunjungi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kebumen. Kegiatan outdoor study ini juga dalam rangka mengenal lebih dekat lembaga pemerintahan, salah satunya DPRD yang merupakan kantor rakyat dan para wakil rakyat Kabupaten Kebumen.

Acara outdoor study diikuti sebanyak 153 peserta yang terdiri dari 77 siswa SD Negeri 2 Candi dan 76 siswa SD Negeri 2 Semanding Gombong. Widodo Edi Dwiatmoko SPd Kepala Sekolah SD Negeri 2 Candi Karanganyar menuturkan, maksud dan tujuan kunjungan sekolah yang dipimpinnya adalah untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

“…kini guru dituntut untuk memberikan pola edukasi yang kreatif kepada anak-anak seperti halnya kegiatan outdoor study ini. Tujuannya supaya anak-anak bisa mengenal secara langsung tidak hanya text book, satu diantaranya tentang lembaga-lembaga pemerintahan di tingkat kabupaten.”
Ditemui di sela-sela acara, Kepala Sekolah SD Negeri 2 Semanding, Wahyuningsih SPdSD mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada DPRD Kabupaten Kebumen yang telah memberikan kesempatan kepada siswa-siswinya untuk belajar dan mengenal lebih dekat lembaga DPRD Kabupaten Kebumen.

“Di pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) ada bahasan tentang lembaga pemerintahan. Di usia mereka akan sulit membayangkan lembaga pemerintahan itu seperti apa. Dengan melihat langsung ke lapangan diharapkan mereka lebih mengerti tugas dan fungsi DPRD,” tuturnya

Tepuk tangan meriah dari seluruh siswa-siswi peserta outdoor study menyambut kedatangan wakil ketua DPRD Kabupaten Kebumen, Bagus Setiyawan yang langsung menyapa para siswa-siswi sembari berjalan menuju mimbar.

Acara diisi dengan diskusi dan tanya jawab. Bagus Setiyawan memberikan kesempatan bagi siswa-siswi yang ingin bertanya terkait kelembagaan, tugas, dan fungsi DPRD. Ristawati, siswa kelas 5 menanyakan persyaratan apa saja untuk bisa menjadi seorang anggota DPRD.

“Syaratnya harus bergabung dalam partai politik, aktif berorganisasi dan bersosialisasi. Merupakan warga nergara Indonesia yang baik dan kritis pemikirannya.” Jawab Bagus.
Untuk menumbuhkan antusisme siswa, Sekretariat DPRD memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan Wakil Ketua DPRD. Dan benar saja, setiap Bagus Setiyawan melontarkan pertanyaan, puluhan siswa berebut menjawab pertanyaan.

Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Kebumen, Suyanto SE melalui Kasubag Pusdok Dra Rusta Nurhayati mengatakan, dalam kurun waktu sebulan ini, DPRD telah menjadi destinasi wisata edukasi dari beberapa Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen.

“Pada dasarnya lembaga DPRD terbuka untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. Keterbukaan ini bisa dimanfaatkan oleh siswa-siswi untuk belajar pendidikan politik secara langsung sehingga mereka tahu bagaimana rumah wakil rakyat, apa fungsi, dan tugasnya”.

Related Posts
DPRD KEBUMEN