Penetapan Perda tentang APBD Kabupaten Kebumen TA 2018

Jan 01 1970
(0) Comments

Rabu (27/12/2017) bertempat di ruang Rapat Paripurna DPRD Kebumen Jalan Pahlawan 175 Kebumen telah diselenggarakan rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penetapan Perda tentang APBD Kabupaten Kebumen TA 2018. Rapat Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD H Cipto Waluyo SkepNs pada pukul 11.30 WIB. Hadir Bupati Kebumen H Mohammad Yahya Fuad SE, Wakil Bupati KH Yazid Mahfudz, para Wakil Ketua DPRD H Agung Prabowo, Bagus Setiyawan dan Miftahul Ulum. Hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kajari Kebumen, Perwakilan Polres Kebumen dan Perwakilan Kodim 0709/Kebumen. Anggota DPRD yang hadir dan menandatangani daftar hadir sebanyak 36 Anggota. 

Rapat Paripurna diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya dilanjutkan dengan berdoa bersama dipimpin Ketua DPRD H Cipto Waluyo SkepNs. Agenda penetapan Perda APBD dilaksanakan dengan urutan pembacaan Rancangan Keputusan (Ratus) DPRD yang dibacakan Sekretaris DPRD Kebumen Ir Hj Siti Kharisah MM. Usai ratus dibacakan Ketua DPRD meminta persetujuan peserta sidang. Disepakati setuju. Dilanjutkan dengan sambutan Bupati oleh HM Yahya Fuad SE.

Dalam sambutannya baik secara pribadi maupun atas nama Pemerintah Kabupaten Kebumen, di penghujung Tahun 2017 ini meminta introspeksi untuk melakukan evaluasi atas kinerja selama satu tahun. Pada Perda APBD TA 2018 Bupati mengingatkan kepada para Kepala Perangkat Daerah agar pelaksanaan pekerjaan pada semua program/ kegiatan tahun 2018 berjalan sesuai dengan target waktu mulai tanggal 1 Januari s/d 31 Desember 2018 yang dilaksanakan secara efektif, efisien dan akuntabel sehingga pekerjaan tidak menumpuk diakhir tahun dengan harapan dalam pengelolaan keuangan daerah akan semakin tertib dan baik.

Dalam APBD TA 2018 ini telah termuat alokasi pendapatan dan belanja, untuk pendapatan asli daerah yang meliputi pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan serta lain-lain pendapatan asli daerah yang sah telah dihitung sesuai potensi, pendapatan dari pusat telah disesuaikan dengan pagu definitif namun demikian pagu tersebut tidak bersifat final, sedangkan pendapatan dari provinsi diasumsikan secara rasional. Sedangkan untuk alokasi belanja, kegiatan yang akan dibiayai mengacu pada mekanisme perencanaan pembangungan yang berlaku, dan disesuaikan dengan ketersediaan sumber daya yang ada.

Bupati berharap dengan telah ditetapkannya APBD TA 2018 penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Kebumen berjalan lancar, tertib dan terkendali hasilnya bermanfaat dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bupati juga mengajak kepada jajaran Eksekutif dan Legislatif untuk tetap bersemangat, kerja keras, kerja cerdas dengan meningkatkan kinerja, citra dan produktifitas melalui peningkatan pelayanan yang prima kepada masyarakat disegala bidang.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Ketua, para Wakil Ketua dan segenap Anggota DPRD yang telah dengan tekun dan seksama membahas APBD TA 2018, sehingga pada hari Rabu 27 Desember 2017 dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah juga kepada Badan Anggaran atas pengertiannya terhadap keseluruhan tindaklanjut keputusan Gubernur Jawa Tengah tentang evaluasi Raperda APBD TA 2018 sebagai bentuk kepatuhan. 

Acara diakhiri dengan penandatanganan Perda dimaksud oleh Bupati. Rapat Paripurna berjalan aman tertib dan lancar, ditutup pukul 12.05 WIB.

DPRD KEBUMEN