Dialog Interaktif DPRD Kabupaten Kebumen

Jan 01 1970
(0) Comments

Jum’at (5/1) malam pukul 19.00 WIB, Ratih TV menyiarkan dialog interaktif dengan tema “DPRD Kabupaten Kebumen Selama 2017” bersama Pimpinan DPRD Miftahul Ulum dan Sekretaris DPRD Ir Hj Siti Kharisah, MM.

Dalam acara tersebut, disampaikan oleh Miftahul Ulum mengenai tugas pokok fungsi DPRD, kegiatan apa saja yang dilakukan DPRD selama tahun 2017, mulai dari penjelasan jumlah anggota DPRD Kebumen, alat kelengkapan DPRD, hasil keputusan DPRD, pembahasan Raperda Insiatif, Perda yang ditetapkan dan masih banyak yang lainnya.

Tugas wewenang DPRD diantaranya yaitu membentuk peraturan daerah bersama Bupati dan membahas dan memberikan persetujuan Raperda mengenai APBD yang diajukan oleh Bupati.

“Yang penting tugas DPRD ada 3, Budgeting, Legislasi dan Kontroling,” terangnya.

Tercatat jumlah anggota DPRD sebanyak 50 anggota yang terdiri dari 8 (delapan) fraksi, terdapat 4 (empat) Komisi yakni Komisi A membidangi Hukum dan Pemerintahan, Komisi B membidangi Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Komisi C membidangi Keuangan dan Anggaran, dan Komisi D membidangi Pembangunan Fisik dan Prasarana.  DPRD telah membuat sebanyak 41 (empat puluh satu) Keputusan DPRD, Perda yang telah ditetapkan tahun 2017 sebanyak 20 (dua puluh).

“Perda inisiatif DPRD inilah biasanya merupakan tolak ukur kinerja dari DPRD yang perlu dihitung, bobot kinerja DPRD biasanya berapa Perda inisiatif yang bisa diputuskan”, jelas Miftahul Ulum

Raperda inisiatif yang diputuskan menjadi Perda sebanyak 3 (tiga) dan menerima penyaluran aspirasi atau audiensi sebanyak 15 (lima belas). Tiga Perda Inisiatif DPRD yaitu Perda tentang Analisis Dampak Lalu Lintas, Perda tentang Pengawasan Bahan Makanan dan makanan Minuman Sehat, dan Perda Peningkatan Pemberian ASI Eksklusif.
Harmonisasi antara lembaga legislatif dan eksekutif sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah. Eksekutif memberikan rencana kerja, kemudian DPRD melakukan pembahasan, menilai dan melakukan rapat kerja. DPRD memanggil masyarakat melakukan rapat dengar pendapat umum untuk menyempurnakan sebelum Raperda ditetapkan menjadi Perda. Dibawah DPRD ada alat kelengkapan yang membahas rencana kerja dan raperda sesuai bidangnya masing-masing untuk melakukan pencermatan.

Alat kelengkapan DPRD Kabupaten Kebumen yaitu, Pimpinan DPRD, Badan Anggaran, Badan Pembentukan Perda, Badan Musyawarah, Badan Kehormatan, Komisi dan Panitia Khusus
Acara dialog interaktif tersebut dipandu oleh Ratih Wardhani yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam, selesai pada pukul 20.00 WIB.

DPRD KEBUMEN