Wakil Ketua DPRD: Cegah Korupsi, Awali Dari Diri Sendiri

Jan 01 1970
(0) Comments


Gedung DPRD Kebumen Selasa (16/01) pagi dipenuhi ratusan anggota GNPK-RI Pimpinan Daerah Kebumen. Pengurus pimpinan daerah GNPK-RI Kabupaten Kebumen masa bakti periode 2017-2022 dilantik hari ini oleh pengurus Wilayah GNPK-RI Jawa tengah DR Drs H Hono Sejati SH MHum, bertempat di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD H Cipto Waluyo SKepNs melalui wakil ketua DPRD Kebumen Miftahul Ulum menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik.

“Selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai Pengurus Pimpinan Daerah PD GNPK-RI Kabupaten Kebumen Masa Bakti Tahun 2017-2022. Semoga dengan amanah yang telah diberikan kepada Saudara, dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Kabupaten Kebumen. Dalam rangka menyatukan langkah dan visi dalam upaya pencegahan korupsi”.

Pada kesempatan yang sama, Miftahul Ulum juga mengingatkan bahwa setelah dilantik, terdapat tanggung jawab yang besar untuk menjaga amanah, objektivitas, transparansi, dan kejujuran dalam melakukan gerakan anti korupsi. Kunci melawan korupsi dimulai dari diri sendiri, kata Miftahul Ulum, antara lain dengan mewaspadai motif-motif tidak jujur dari diri sendiri sebelum mewaspadai penyelenggara negara maupun pihak lain.

“Saya mengajak segenap komponen masyarakat Kabupaten Kebumen untuk merapatkan barisan, meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam gerakan membangkitkan kesadaran pencegahan korupsi, dimulai dari diri sendiri. Karena ditangan kader yang korup sebuah gerakan antikorupsi tidak akan mengalami kebangkitan namun justru kebangkrutan. Perjuangan masih panjang dan perlawanan tidak boleh tumbang”. Kata Miftah membacakan sambutan Ketua DPRD.

Ditemui usai acara, Miftahul Ulum berharap semoga dengan adanya gerakan ini akan terjadi perubahan perilaku masyarakat utamanya di Kabupaten Kebumen, baik perilaku mendiamkan korupsi yang terjadi tanpa melakukan tindakan apapun, maupun menjadi bagian dari jaringan korupsi itu sendiri.

Seperti diketahui, GNPK-RI adalah Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden di Istana Negara pada tanggal 9 Desember 2004 dihadapan Pejabat Penyelenggara Negara Sipil dan Militer seluruh Indonesia dengan Instruksi Presiden nomor 5 tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi secara kolosal. Merupakan sebuah Organisasi Masyarakat yang peduli dan merasa bahaya penyakit korupsi ditubuh bangsa, bahkan lebih berbahaya daripada Narkoba, karena Narkoba hanya merusak penggunanya sementara Korupsi merusak Negara dan merugikan banyak orang.

Peran serta masyarakat yang berhimpun di dalam GNPK-RI untuk ikut serta mewujudkan Penyeleggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, yang pelaksanaanya mengacu pada norma hukum, moral dan sosial yang berlaku di masyarakat dan diakui oleh penengak hukum dari daerah hingga pusat. GNPK-RI Kabupaten Kebumen diketuai oleh Hj Djuwarni AMdPd yang juga mantan Wakil Bupati Kebumen.

DPRD KEBUMEN