Komisi B Kaji banding Pelayanan Kesehatan ke Dinas Kesehatan Magetan

Jan 31 2018
(0) Comments
  • Facebook
  • Twitter

Komisi B DPRD Kebumen dan Dinas Kesehatan Magetan saat tukar Kawruh tentang kesehatan. Inset: Serah terima cinderamata.

Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kebumen melakukan study banding di Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. Di Aula Medika rombongan sebanyak 16 orang ini diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan dan sekaligus sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan Fury Kartini yang didampingi Kepala Seksi Kesehatan Dasar dan Tradisional (Yankesdastrad) dan seksi Kemitraan.

Dilansir dari laman Pojok Kiri, Ketua rombongan Yuniarti Widyaningsih SE pada sambutannya menyampaikan, tujuan kunjungan kali ini adalah ingin mengetahui upaya Dinkes Magetan dalam pelaksanaan sistem BLUD dan Jaminan Kesehatan di Pukesmas se-Kabupaten Magetan. Di Kebumen masalah kesehatan mengalami berbagai kendala, salah satunya dalam pembiayaan. Oleh karena itu DPRD bersama Pemda Kebumen sedang mencari solusi yang efektif dan efisien terhadap permasalahan tersebut.

Fury Kartini mengatakan, diantara 22 Pukesmas di Magetan, sebanyak 4 Pukesmas telah menjadi BLUD semenjak 1 Januari 2016. “Kenaikan Kelas” ini guna meningkatkan pelayananan kesehatan bagi masyarakat yang harus cepat dan tidak bisa menunggu mekanisme dan prosedur yang panjang.

“Apapun kendala kami di Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, pelayanan optimal adalah prioritas,”jelas Fury.

Selain itu dia mengungkapkan di Kabupaten Magetan ada berbagai macam Jaminan Kesehatan yang dicover, dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus), Jaminan Persalinan (Jampersal), hingga Jaminan Kesehatan Sosial (Jamkesos).

“Semua Program Jaminan Kesehatan yang ada di Kabupaten Magetan akan diverifikasi oleh kami dan OPD terkait setiap enam bulan sekali,”ujarnya.

Semua hal yang dilakukan Dinkes dalam pemberian pelayanan mendapat support penuh dari Pemerintah Kabupaten Magetan karena sesuai dengan jatidiri masyarakat Magetan yaitu “akronim 6 W : Wareg, Waras, Wasis, Wutuh, Widodo dan Waskita.”

“Melalui pertemuan ini, kami harap dapat menjadi salah satu refrensi kajian DPRD Magetan membuat regulasi berkaitan pelayanan kesehatan,”pungkas Fury.

Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cindramata dari DPRD Kabupaten Kebumen kepada Dinas Kesehatan Magetan.

 

DPRD KEBUMEN