Pengelolaan APBDes Dalam Penanggulangan Kemiskinan

Feb 09 2018
(0) Comments

Komisi C DPRD Kabupaten Magetan melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Kebumen terkait Pengelolaan APBDes dalam penanggulangan kemiskinan (8/2) di ruang rapat pimpinan DPRD Kebumen. Kunjungan tersebut diterima oleh Anggota Komisi B,  Komisi C DPRD Kebumen dan Kepala Bapermades Kebumen.

Kepala Bapermades Kebumen menjelaskan terkait pengelolaan APBDes dalam penanggulangan kemiskinan “prioritas yang dilakukan oleh Bapermades adalah pemberian bantuan langsung kepada rakyat miskin seperti pembangunan rumah layak huni, bantuan modal usaha kepada masyarakat miskin. Terkait pendampingan dana desa adalah untuk mengontrol dan mengawasi dana desa agar segala program yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar agar program-program tidak salah jalur atau dana itu beralih fungsi dari tujuannya” jelas Kepala Bapermades Kebumen.

“Apa sajakah kendala yang sering dihadapi oleh desa atau program-program dari Bapermades? dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?” tanya salah satu Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Magetan.

“Kendala dari Bapermades yaitu dari perangkat desa itu sendiri karena kebanyakan dari perangkat desa yang ada hanya beberapa perangkat yang bisa bekerja dengan baik dan memahami proses-proses atau komputer, cara mengatasinya dengan melakukan pendampingan dan pertemuan untuk mendampingi para perangkat desa dan para faktor pendukung yang lainnya seperti ketua BPD, RT dan RW agar mereka diberi pengertian atau penjelasan tentang komputer dan program-program dari Bapermades” jelas Kepala Bapermades.

Diakhir acara Wijil Tri Atmojo anggota Komisi C DPRD Kebumen berharap kunjungan ini dapat menambah informasi bagi Komisi C DPRD Kabupaten Magetan antara eksekutif dan DPRD.

DPRD KEBUMEN