Ketua DPRD: Pokir DPRD Adalah Amanat Undang-Undang

Mar 27 2018
(0) Comments

Ketua DPRD Kabupaten Kebumen H Cipto Waluyo SKepNs mengapresiasi upaya yang dilakukan BAP3DA Kabupaten Kebumen yang telah berupaya memadukan Pokok-Pokok Pikiran DPRD dalam Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan dengan hasil Musrenbang. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD pada pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) 2019 Kabupaten Kebumen di Gedung Pertemuan Setda, Selasa (27/3).

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah saya meluruskan tentang Pokok Pokok Pikiran DPRD. Beberapa peristiwa yang terjadi belakangn ini di Kabupaten Kebumen maupun wilayah lain telah menimbulkan stigma bahwa pokok pokok pikiran DPRD adalah sesuatu yang negatif.” Lanjut Ketua DPRD.

Disampaikan Cipto Waluyo, pokok-pokok pikiran DPRD adalah amanat dari Peraturan Pemerintah 54 Tahun 2010 yang juga wajib diakomodasi dalam perencanaan pembangunan karena merupakan amanat konstitusi.

“…hanya saja perlu dirubah pola-pola yang salah dalam pelaksanaanya selama ini, sehingga tidak menimbulkan problem.”

Secara garis besar, jelas Ketua DPRD, pokok-pokok pikiran DPRD tahun ini adalah mengusulkan perbaikan infrastruktur jalan. Pendapat yang mengatakan bahwa infrastruktur tidak berkaitan dengan upaya pengentasan kemiskinan, dikatakan Ketua DPRD justru kurang tepat.

“DPRD melihat justru kerusakan infrastruktur inilah salah satu penyebab kemiskinan. Infrastruktur yang baik akan meningkatkan konektivitas antar wilayah, yang pada akhirnya berefek pada kegiatan ekonomi.” Jelasnya.

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019 Kabupaten Kebumen dibuka Wakil Bupati KH Yazid Mahfudz. Dalam sambutannya, Wakil Bupati tahun 2019, Kabupaten Kebumen akan fokus pada pengurangan kemiskinan dan pengangguran. Hadir dalam acara ini Forkopimda Kebumen, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Plt Sekda Mahmud Fauzi, Kepala Bap3da Kebumen Djoenaidi Fatchurohman, para anggota DPRD, Unsur Kecamatan dan Desa, dan LSM. Pada kesempatan itu, diberikan anugerah perencanaan terbaik untuk OPD maupun Kecamatan serta pemberian bantuan bagi penyandang difabel oleh Wakil Bupati.

DPRD KEBUMEN