Program Pengentasan Kemiskinan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur

Apr 11 2018
(0) Comments

Program Pengentasan Kemiskinan yang dilakukan oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Timur dengan mekanisme pemutakhiran mandiri berpedoman pada UU No 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin Pasal 9, Perda No 4 Tahun 2013 tentang Kesejahteraan Sosial, Ingub No 147 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Mandiri Penanggulangan Kemiskinan Pasal 9.

Rabu (11/4) bertempat di Ruang Rapat  Dinas Sosial Jakarta Timur Benny Martha Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menerima rombongan Komisi B DPRD Kebumen. Rombongan yang diketuai oleh Agung Prabowo yang merupakan Koordinator Komisi B DPRD Kebumen itu melaksanakan studi banding terkait Program Pengentasan Kemiskinan.

Kasubag Tata Usaha Utari dalam penjelasannya mengatakan “program pemberdayaan bagi warga miskin bidang kewirausahaan yakni dengan pelatihan usaha ekonomiproduktif bagi keluarga miskin non PKH yang berjumlah 140 orang.” Jelasnya.

Disamping itu Kasi Pemberdayaan dan Perlindungan Sosial Abdul Salam juga menjelaskan terkait perlindungan bagi warga miskin perkotaan melalui “pendidikan Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Alat bantu, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Kartu Jakarta Lansia (KLJ).

Dalam sesi tanya jawab Yuniarti Widayaningsih SE Sekretaris Komisi B DPRD Kebumen menanyakan “mohon dijelaskan tentang upaya perlindungan bagi warga untuk panti asuhan dan orang cacat?”

“Panti Sosial milik Pemda DKI yang sudah mempunyai anggaran tersendiri sesuai dengan kebutuhan warga binaan sosial diantaranya perawatan dan asrama, Kesehatan dan Gizi, Pembinaan dan Mental, Pendidikan Formal dan Non Formal (kesenian dan keterampilan) dan kesejahteraan Sosial” jelas Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Benny Martha.

Diakhir acara Benny Martha Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur berharap Komisi B DPRD Kebumen dapat mensukseskan program-program yang akan datang dengan diperlukan koordinasi dan komunikasi yang intensif antar unit sehingga permasalahan yang muncul di masyarakat dengan cepat dapat direspon.

DPRD KEBUMEN