Apps Mobile JKN

Apr 18 2018
(0) Comments

Untuk memastikan seluruh kalangan masyarakat paham aturan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Kebumen menggencarkan pemberian informasi langsung kepada karyawan dan karywati di lingkungan Sekretariat DPRD Kebumen, Rabu (18/04). Pemberian informasi ini sebagai upaya pendekatan BPJS Kesehatan melakukan pendekatanan kelompok berupa penyuluhan / sosialisasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat dan memberikan informasi yang tepat  guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS serta meluruskan informasi kurang tepat yang diterima oleh masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Kebumen yang disampaikan oleh Sukirman dan Wendy perwakilan dari BPJS cabang Kebumen. Pemaparan materi yang disampaikan mengenai mekanisme pendaftaran peserta melalui Mobile JKN disampaikan secara lengkap mulai cara men-download aplikasi Mobile JKN di Google Playstore atau Apps Store, masyarakat dapat mendaftar menjadi peserta JKN-KIS.

“Banyak pertanyaan dan keluhan yang muncul dari peserta yang hadir. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menjawab pertanyaan dan keluhan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait BPJS Kesehatan, selain itu kami juga melakukan sosialisasi penggunaan Mobile JKN kepada peserta”, ujar Sukirman.

Mobile JKN merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta JKN-KIS dapat mengakses beragam informasi JKN-KIS secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun sehingga peserta tidak perlu mengantri di kantor BPJS Kesehatan.

Untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN ini, masyarakat cukup mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store. Dengan fitur yang lengkap pada Mobile JKN ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi peserta, diantaranya kemudahan untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan (Faskes), dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. (ER)

DPRD KEBUMEN