3 Raperda Masa Sidang I Disetujui Ditetapkan, Kabupaten Kebumen Memulai Sejarah Baru

Jan 01 1970
(0) Comments

Polemik yang berkembang di kalangan ahli sejarah terkait hari jadi Kabupaten Kebumen bisa jadi akan berakhir manis. Hal ini setelah DPRD Kabupaten Kebumen sepakat dengan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) I untuk menetapkan secara legal formal bahwa Pemerintahan Kabupaten Kebumen lahir pada 21 Agustus 1629 yang dituangkan melalui sebuah Peraturan Daerah.

Rabu (2/5) pagi, DPRD Kabupaten Kebumen menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi dan Pengambilan Keputusan DPRD tentang 3 (tiga) Raperda. Selain Raperda tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen, 2 Raperda lain yang disepakati untuk ditetapkan menjadi Perda adalah Raperda tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Kebumen No 32 Tahun 2011 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah dan Raperda tentang Penyelenggaraan Sistem Informasi dan Layanan Berbasis Teknologi Informasi (e-Government) di Lingkungan Pemkab Kebumen.

Pada Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD H Cipto Waluyo SKepNs itu, seluruh Fraksi menyatakan dapat menerima dan menyetujui hasil akhir pembahasan Pansus I, Pansus II, dan Pansus III. Adapun penyampaian Pendapat Akhir Fraksi diawali oleh Fraksi PKB dengan juru bicara Jenu Arifiadi. Dilanjutkan secara berturut-turut, Fraksi Partai Gerindra oleh Ma’rifun SHI,  Fraksi Partai Golkar oleh Restu Gunawan, dan Fraksi PAN oleh Suhartono. Fraksi Partai Demokrat menyampaikan Pendapat Akhir melalui juru bicara H Rifai Yuniantoro, dilanjutkan dengan Fraksi PDI Perjuangan oleh Fitria Handini SH, Fraksi Keadilan Nurani oleh Nur Hidayati SH, dan Fraksi Partai Nasdem oleh Sarwono.

Raperda tentang e-Government yang pada saat penyampaian laporan hasil pembahasan mendapatkan rekomendasi paling banyak, yakni 10 rekomendasi, pada kesempatan yang sama juga disepakati seluruh fraksi untuk ditetapkan menjadi Perda.

Plt Bupati KH Yazid Mahfudz, ditemui usai Rapat Paripurna menyampaikan, pihaknya akan segera berkordinasi dengan OPD-OPD terkait, termasuk “menambal” kekurangan-kekurangan yang menjadi sorotan Pansus.

“Sebelumnya kami sampaikan terimakasih kepada DPRD yang telah membahas hingga menyetujui untuk menetapkan Raperda (e-Government ) ini. Poin-poin rekomendasi yang disampaikan segera kami selesaikan, kekurangan di berbagai hal, saya pikir itu wajar untuk sebuah awal.” Kata Yazid.

Usai disetujui ditetapkan, 3 Raperda dimaksud akan dikirim ke Biro Hukum Pemprov Jateng. Raperda tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen dan Raperda tentang e-Government dikirim untuk mendapat nomor register Perda, dan Raperda tentang Retribusi Penggunaan Kekayaan Daerah dikirim untuk mendapat evaluasi dan nomor register.

DPRD KEBUMEN