Pemkab Kebumen Gelar Musren Pendapatan Untuk Pertama Kali Dalam Sejarah

225

Untuk pertama kalinya Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pendapatan Tahun 2021 bertempat di ruang Rapat Paripurna DPRD Kebumen, Rabu (10/3/2021). Acara yang diinisiasi Komisi C ini dipimpin Ketua DPRD Sarimun, didampingi Wakil Ketua Yuniarti Widayaningsih. Hadir dalam acara ini Bupati Arif Sugiyanto, Pimpinan dan Anggota Komisi C, serta sejumlah narasumber yang terdiri dari Bappeda, BPKAD, dan Bappenda dengan diikuti oleh 60 Peserta meliputi OPD-OPD Pengelola Pendapatan, Satpol PP, dan Bagian Hukum Setda Kebumen.

Disampaikan Plt Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) dr Rini Kristiyani selaku penyelenggara, Musren Pendapatan ini digelar sebagai wahana penggiatan, motivasi dan penguatan komitmen pengelolaan pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Kebumen.

“Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk meningkatkan sinergi dan tata kelola pemungutan pendapatan daerah, baik pajak maupun retribusi daerah. Terselenggara acara ini adalah inisiasi dari Komis C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kebumen,” terang Plt Kepala Bapenda.

Dari paparan sejumlah OPD serta akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Dr Icuk Rangga Bawono, pandemi Covid-19 telah memberikan goncangan (shock) pada perekonomian yang juga berdampak pada pencapaian target pendapatan Pemkab Kebumen. Pengembangan kerjasama Pemerintah Daerah dengan masyarakat dan swasta/badan usaha dipandang perlu dalam rangka mendapatkan alternatif sumber pendapatan yang baru.

Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto

Ditemui usai acara, Bupati menilai acara musyawarah perencanaan pendapatan merupakan hal baik yang revolusioner. Ia berharap langkah ini menjadi suatu awal menuju kemandirian Kabupaten Kebumen yang salah satunya diperoleh dengan mengoptimalkan semua sisi pendapatan.

“Salah satunya potensi pajak. Masih banyak potensi pendapatan sektor pajak yang bisa digenjot, tapi bukan dengan cara memberatkan masyarakat seperti menaikkan tarif,” ujar Bupati Arif Sugiyanto.

Wakil Ketua DPRD Yuniarti Widayaningsih

Wakil Ketua DPRD sekaligus Koordinator Komisi C Bidang Keuangan dan Anggaran Yuniarti “Sherly” Widayaningsih mengungkapkan, ide awal Komisi C menginisiasi acara ini adalah karena pihaknya acapkali menemukan program-program yang tidak sinkron antar OPD pengampu pendapatan. DPRD melalui Komisi C juga berharap adanya Musren Pendapatan menjadikan OPD-OPD tidak hanya terpaku pada pencapaian target, akan tetapi juga mampu merumuskan cara agar sektor pendapatan dapat digali potensinya secara maksimal.

“Karenanya kami menginisiasi acara ini agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) semakin meningkat, tidak tergantung dari dana pusat. Dengan PAD naik, perencanaan dan pembangunan di Kebumen juga otomatis akan optimal,” tegas Sherly.