Jalani Vaksinasi Dosis Kedua, Wakil Ketua DPRD: Vaksin Aman dan Tidak Sakit

292

KEBUMEN, Setelah sempat tertunda, vaksinasi Covid-19 dosis ke-2 untuk petugas pelayanan publik akhirnya dilaksanakan, Senin (15/3/2021). Vaksinasi bagi ASN, atlet, anggota DPRD, dan wartawan dipusatkan di aula IAINU Kebumen.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kebumen Fuad Wahyudi usai divaksin mengajak masyarakat Kabupaten Kebumen untuk tidak takut divaksin. Ia meyakinkan vaksinasi adalah demi kesehatan masyarakat dan agar pandemi segera berakhir.

“Kepada seluruh masyarakat, untuk jangan mempercayai kabar miring yang beredar soal vaksin Covid-19. Aman dan tidak sakit, rasanya seperti digigit semut rang-rang saja,” tutur Fuad Wahyudi, Senin (15/3/2021).

Sosialisasi terkait manfaat serta efek vaksin, kata Fuad, perlu dilakukan lebih masif kepada masyarakat. Hal ini penting agar terbentuk satu pemahaman bersama di tengah masyarakat yang sejauh ini masih terkesan ditakut-takuti oleh rumor miring tentang vaksin. Pihaknya berharap upaya yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah dalam ikhtiar memerangi covid-19 ini dapat didukung masyarakat. Lebih lanjut disampaikan Wakil Ketua DPRD Fuad Wahyudi, pimpinan dan anggota DPRD juga akan menerima vaksin dosis ke-2 ini.

“Insya Alloh hari ini akan menerima vaksis dosis kedua, tapi memang datangnya tidak bersamaan. Jadi tadi pagi ada yang sudah kesini dulu, ada yang nanti agak siang,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dokter Dwi Budi Satrio menyatakan, penundaan vaksinasi dosis ke-2 yang semula direncanakan dilaksanakan 10 Maret 2021 adalah karena faktor tanggal merah. Dikatakannya, vaksinasi bagi petugas pelayanan publik tidak akan cukup dilakukan dalam waktu 1 hari, sedangkan 11 Maret adalah hari libur Isro’ Miroj Nabi Muhammad SAW.

“Kalau tetap dilaksanakan tanggal 10 Maret, lalu libur dan dilanjutkan hari ini kan teknisnya sulit. Jadi penundaan ini bukan karena ketidaksiapan kita (Dinas Kesehatan),” terang Budi Satrio.