Bupati Sampaikan Rencana Pembangunan Kebumen Lima Tahun Mendatang Kepada DPRD

0
363
Penyampaian RPJMD Kebumen 2021-2026
Penyampaian RPJMD Kebumen 2021-2026 dari Bupati kepada Pimpinan DPRD

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dalam lima tahun kedepan menyatakan akan fokus pada peningkatan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pertanian, kelautan dan perikanan, UMKM, industri, perdagangan dan pariwisata. Adapun tahun 2021 ini, pembangunan Kabupaten Kebumen diarahkan pada pemulihan perekonomian daerah dan kehidupan sosial untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Arah pembangunan selama lima tahun ini dituangkan Bupati dan Wakil Bupati dalam Rancangan Peraturan daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disampaikan kepada DPRD, Selasa (25/5/2021). Secara bergantian, Bupati dan Wakil Bupati membacakan pengantar Raperda RPJMD dihadapan Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD H Sarimun SSy. Hadir mendampingi Ketua DPRD para Wakil Ketua Fuad Wahyudi ST, H Agung Prabowo SH, dan Yuniarti Widayaningsih SE.

“Dokumen RPJMD Kabupaten Kebumen Tahun 2021-2026 ini nantinya akan menjadi rujukan arah kebijakan pembangunan lima tahun kedepan, dan lebih lanjut dapat meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Arif membacakan pengantar Raperda RPJMD.

Ditemui usai rapat Paripurna, Arif Sugiyanto mengaku siap jika draft RPJMD yang merupakan penjabaran dari Visi dan Misinya nanti akan dievaluasi oleh DPRD. Pihaknya menekankan, yang terpenting adalah pelaksanaan setelah Raperda dimaksud telah selesai dibahas dan menjadi Peraturan Daerah.

“Ini proses (pembahasan oleh DPRD) belum berjalan, yang terpenting nanti bagaimana indeks kinerja Bupati dan Wakil Bupati itu kami penuhi. Dan kita berdoa semoga kemiskinan di Kabupaten Kebumen bisa kami entaskan,” ujarnya.

Kemiskinan memang menyita porsi yang cukup besar dalam RPJMD yang diajukan Bupati. Terdapat sedikitnya 13 program unggulan dalam jabaran strategi pengentasan kemiskinan yang diajukan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih mencakup program Integrasi Data, pemenuhan hak dasar, pengurangan beban hidup, pengurangan pengangguran, peningkatan pendapatan, serta peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat miskin.

“Dari jaman ke jaman kan kita selalu “juara” kemiskinan. Dan mudah-mudahan dengan kinerja keras Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan seluruh jajaran dibawah Sekda akan bisa bahu membahu dan hasilnya dapat kita lihat dua tahun kedepan, minimal,” harap Arif yang didampingi Wakil Bupati Ristawati.

Agenda Rapat paripurna diakhiri dengan penyerahan simbolis dokumen Raperda RPJMD dari Bupati kepada Pimpinan DPRD. Setelah ini, Raperda dimaksud akan mendapatkan pencermatan fraksi-fraksi di DPRD untuk selanjutnya dibahas oleh Panitia khusus (Pansus).

Ketua DPRD H Sarimun menyatakan pihaknya siap melakukan pembahasan secara detail terhadap rencana pembangunan yang diajukan Bupati. Meski begitu, ia optimis pembahasan akan berjalan secara efektif sesuai target.

“RPJMD ini muaranya kan untuk rakyat, Insya Alloh akan selesai kami bahas tepat waktu,” optimis Ketua DPRD. (*)