Perubahan APBD Kebumen Tahun 2021 Disepakati DPRD, Begini Pesan Fraksi-Fraksi

0
83

Seluruh Fraksi di DPRD Kabupaten Kebumen menyatakan dapat menyetujui Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Kebumen tahun anggaran 2021. Persetujuan disampaikan melalui juru bicara masing-masing Fraksi di depan Rapat Paripurna DPRD Kebumen, Senin (13/9/2021).

Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicara Tatag Sadjoko antara lain menyatakan, implementasi APBD perubahan tahun 2021 memiliki waktu yang terbatas. Fraksinya berpesan kepada semua OPD untuk memanfaatkan waktu dan anggaran yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Karena keterbatasan waktu tersebut, kami berharap Inspektorat sebagai aparat pengawas internal dapat mengawal pelaksanaan APBD Perubahan tahun anggaran 2021 ini dengan baik. Sehingga potensi-potensi kesalahan baik administratif maupun substantif dapat direduksi atau bahkan dieliminasi,” terang Tatag membacakan Kata Akhir Fraksi PDI Perjuangan.

Sedikit catatan diberikan Fraksi partai Persatuan Pembangunan. Melalui juru bicara Wahid Mulyadi, FPPP menyoroti penurunan Bantuan Operasional Sekolah Kinerja dan Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi di Tahun 2021 ini.

“Kabupaten Kebumen mendapatkan sekitar Rp 2,9 Miliard. Ini menurun jika dibanding tahun 2020, untuk itu kedepan agar ada komunikasi yang baik dan intens antara Pemkab dengan Pemerintah Pusat,” ujar Wahid Mulyadi.

Pada kesempatan yang sama, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa melalui juru bicara Khotimah berharap didalam Perubahan APBD, Pemkab harus benarbenar memprioritaskan program yang belum tuntas pada anggaran murni. Senada, Fraksi Partai Nasdem melalui juru bicara Lilik Halimah juga menyatakan mendukung program-prorgam dalam Perubahan APBD Kebumen tahun 2021.

“Kami Fraksi Partai NasDem sepakat dengan lima prioritas pada Anggaran Perubahan APBD Tahun 2021. Kami sangat mendukung terhadap program dan kebijakan Pemerintah Daerah dalam rangka untuk melayani kepentingan masyarakat serta untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Kebumen,” ucap Lilik.

Restu Gunawan, juru bicara Fraksi Partai Golkar pada kesempatan yang menyatakan pihaknya sependapat dengan Badan Anggaran, bahwa prioritas yang menjadi acuan pembangunan berkesinambungan dimasa Pandemi Covid-19 ini perlu diupayakan dengan kerja keras meskipun Pendapatan Daerah mengalami penurunan.

Rapat Paripurna DPRD kabupaten Kebumen digelar dengan agenda Penyampaian Kata Akhir Fraksi dan Pengambilan Keputusan DPRD terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan oleh Bupati Arif Sugiyanto dan Pimpinan DPRD. Hadir dalam Rapat Paripurna, Ketua DPRD sekaligus pimpinan Rapat Sarimun dan para wakil ketua Fuad Wahyudi, Agung Prabowo, dan Yuniarti Widayaningsih. hadir secara pribadi Bupati Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.