Penyusunan KUA PPAS Kebumen 2022 Sudah Gunakan Nomenklatur OPD Baru

0
191
Bupati Kebumen sampaikan KUA-PPAS Tahun 2022

Ada yang berbeda dalam Penyusunan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS) Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2022. KUA/PPAS yang disusun dengan menyesuaikan Perda Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah membuat sejumlah anggaran OPD hilang. Disampaikan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, alokasi anggaran tahun 2022 mengacu pada Perda SOTK baru sehingga mengalami penyesuaian dalam penyebutan nama OPD.

“Ini adalah KUA/PPAS Tahun 2022, jadi agar pada APBD Tahun Anggaran 2022 nanti sesuai dengan SOTK yang baru, penyebutan nama OPD sudah disesuaikan,” terang Bupati Arif di hadapan Rapat Paripurna DPRD Kebumen, Selasa (13/9/2021).

Adapun terhadap Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara APBD Tahun Anggaran 2022, Pemkab Kebumen menargetkan Pendapatan Daerah sebesar Rp 2,7 Triliun. Dengan target Penerimaan Pembiayaan sebesar Rp 132,9 Miliar, maka total kemampuan Keuangan Daerah Kabupaten Kebumen di tahun 2022 adalah sebesar Rp 2,8 Triliun.

“Adapun Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp 41,3 Miliar, dengan demikian total Belanja Daerah dan Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp 2,8 Triliun,” lanjut Arif Sugiyanto.

Penerimaan pembiayaan adalah semua penerimaan Rekening Kas Umum Daerah. Antara lain berasal dari penerimaan pinjaman, penjualan obligasi pemerintah, hasil privatisasi perusahaan daerah, penerimaan kembali pinjaman yang diberikan kepada fihak ketiga, penjualan investasi permanen lainnya, dan pencairan dana cadangan.

“Semoga dengan penyampaian KUAPBD Tahun Anggaran 2022 dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2022 akan memperlancar dalam pembahasan Raperda APBD Tahun Anggaran 2022, sehingga nantinya bisa ditetapkan tepat waktu sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada,” pungkas Arif Sugiyanto.

Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian KUA/PPAS Kabupaten Kebumen Tahun 2022 dipimpin Ketua DPRD Sarimun, didampingi para Wakil Ketua Fuad Wahyudi, Agung Prabowo, dan Yuniarti Widyaningsih. Hadir secara pribadi Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.